Rauhanda Riyantama | Arief Apriadi
Bojan Hodak jadi pelatih baru Persib Bandung. (persib.id)

Bolatimes.com - Bojan Hodak akhirnya kembali ke Liga Indonesia setelah ditunjuk Persib Bandung sebagai pelatih. Ini bukan kali pertama pelatih asal Kroasia itu berkiprah di Tanah Air karena sebelumnya melatih PSM Makassar di Liga 1 2020.

Sebagaimana diketahui, Persib Bandung resmi mengumumkan Bojan Hodak sebagai pelatih baru sepeninggal Luis Milla yang mengundurkan diri pasca rentetan hasil buruk hingga laga pekan ketuga BRI Liga 1 2023-2024.

Kini, setelah publik terus menerus berspekulasi, Persib Bandung akhirnya mengumumkan Bojan Hodak sebagai pelatih anyar.

Baca Juga:
29 Pemain yang Dipanggil TC Timnas Basket Indonesia untuk Persiapan Asian Games 2023, Ada Marques Bolden

Juru taktik asal Kroasia itu sejatinya tidak asing dengan atmosfer sepak bola Indonesia. Dia pernah menukangi PSM Makassar meski tidak berakhir dengan baik.

Kiprah Bojan Hodak di Liga Indonesia

Bojan Hodak merupakan pelatih yang terkenal di kawasan Asia Tenggara. Sejak pensiun sebagai pemain pada 2022, dia malang melintang menjadi juru taktik di Malayia, Kamboja, hingga Indonesia.

Baca Juga:
Mengenal Pemilik Al Hilal, Klub Arab Saudi yang Siap Gaji Kylian Mbappe Rp973 Miliar per Bulan

Hodak yang sempat menangani klub raksasa Johor Darul Ta'zim (JDT), menjalani debut sebagai pelatih di Liga Indonesia ketika menerima tawaran PSM Makassar pada 1 Januari 2020 silam.

Namun, karier pelatih berkepala plontos itu di Indonesia nyatanya tidak bertahan lama. Bak petir di siang bolong, dua memutuskan untuk hengkang dari PSM Makassar setelah hanya tujuh bulan menukangi tim tersebut.

Menyitat Transfermarkt, Hodak bahkan tercatat cuma memimpin delapan pertandingan PSM selama periode tersebut.

Baca Juga:
Profil Ekanit Panya, Gelandang Timnas Thailand yang Direkrut Raksasa Jepang Urawa Reds Diamond

Hasilnya pun tak bisa dibilang impresif. Dia mampu meraih dua kemenangan di awal melatih PSM tepatnya di kualifikasi Piala AFC.

Saat itu, PSM dibawanya mengalahkan wakil Timor Leste, Lalenok United dalam dua leg dengan skor 4-1 dan 3-1 guna melaju ke babak grup Piala AFC.

Namun, laga pertama PSM di fase grup harus berakhir dengan kekalahan 1-2 dari klub Singapura Tampines Rovers, sebelum di laga kedua mereka bangkit dengan menang 3-1 atas klub Myanmar Shan United.

Baca Juga:
3 Fakta Menarik Bojan Hodak, Pelatih Baru Persib Bandung yang Sebelumnya Tangani Klub Malaysia

Hodak kemudian cuma mempersembahkan satu kemenangan lagi setelah itu, tepatnya di Liga 1 2020 kontra PSS Sleman.

Setelahnya, PSM Makassar hanya bermain imbang dalam tiga laga beruntun yakni kontra Persita Tangerang (1-1 Liga 1), Kaya FC (1-1 Piala AFC) dan Barito Putera (1-1 Liga 1).

Laga kontra Barito Putera pada 15 Maret 2020 jadi pertandingan terakhir yang dipimpin Hodak bersama PSM Makassar karena kompetisi terhenti akibat pandemi Covid-19.

Pada September, Bojan Hodak pun meninggalkan PSM Makassar untuk menukangi klub Malaysia, Kuala Lumpur United FC (KLUFC).

Load More