Arif Budi Setyanto
Sejumlah pemain Timnas Indonesia berfoto bersama sebelum menghadapi Timnas Argentina dalam laga persahabatan FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6/2023). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Bolatimes.com - Turkmenistan muncul sebagai calon lawan timnas Indonesia FIFA Matchday. Hal itu karena ungkapan Ketum PSSI Erick Thohir.

Awalnya Erick Thohir membahas mengenai stadion untuk agenda FIFA Matchday. Ia mengambil contoh Timnas Burundi yang memberikan kepercayaan kepada PSSI untuk venue pertandingan persahabatan pada Maret 2023.

Kala itu, Timnas Indonesia dua kali lawan Burundi. Duel digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat.

Baca Juga:
3 Talenta Top Berstatus Diaspora yang Bisa Dipanggil Timnas Indonesia U-17, Ada Gelandang Barcelona

"Kalau Burundi, datang ke Indonesia, karena apa? Percaya sama Indonesia, jadi langsung main. Enggak ngecek lapangan. Kalau Argentina, Portugal, Inggris, Jerman pasti ngecek lapangan. Kalau Burundi bersahabat, percaya sama Indonesia," ujarnya di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (6/7/2023).

Ia lantas menyebut Turkmenistan, sebagai negara yang dianggapnya juga percaya dengan pilihan PSSI.

"Nah ada tuh negara-negara yang bersahabat, mungkin nanti kita main sama Turkmenistan, ya sudah percaya sama Indonesia," sambungnya.

Baca Juga:
Susunan Staf Pelatih Timnas Indonesia U-16 yang Bantu Bima Sakti, Diprediksi Tetap Bertugas di Piala Dunia U-17 2023

Jika timnas Indonesia mencari poin, Turkmenistan cocok menjadi lawan. Sebab, ranking FIFA mereka lebih tinggi dari skuad Garuda, yaitu peringkat 138 FIFA.

Selain itu, Turkmenistan juga dalam performa kurang bagus di tahun 2023. Sebab, sepanjang tahun ini mereka belum pernah meraih kemenangan.

Melansir dari situs 11v11, Turkmenistan mengalami tiga kekalahan dan sekali imbang dalam pertandingan di tahun 2023.

Baca Juga:
Tak Asal Pilih, PSSI Ungkap Kriteria Pemain Keturunan yang Cocok untuk Timnas Indonesia U-17

Pertama mereka tumbang dari Malaysia di FIFA Matchday Maret dengan skor 0-1. Kemudian Turkmenistan hanya meraih hasil imbang 1-1 menghadapi Tajikistan.

Turkmenistan kemudian mengalami kekalahan 2-0 melawan Uzbekistan dan Oman pada Juni 2023. Maka dari itu, timnas Indonesia bisa memanfaatkan konsidi kurang baik tersebut juga ingin mencari poin FIFA.

Baca Juga:
Skuad Masih Diracik, Bocoran Lokasi TC Timnas Indonesia U-17 Terungkap

Load More