Gagah Radhitya Widiaseno
Pesepak bola Shayne Pattynama berpose dengan bendera Merah Putih usai pembacaan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di Jakarta, Selasa (24/1/2023). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.

Bolatimes.com - Pemain Timnas Indonesia, Shayne Pattynama menceritakan kisah begitu rumitnya proses naturalisasi. Kesabarannya pun diuji pada saat proses ini berlangsung.

Pemain 24 tahun tersebut akhirnya resmi menjadi pemain Indonesia setelah perjalanan yang begitu panjang.

Ia bahkan telah menjalani debut bersama Timnas Indonesia saat menjamu Argentina pada Seni (19/6/2023) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Baca Juga:
Kemenpora Temukan 3 Pemain Top Berpaspor Indonesia, Bisa Perkuat Timnas U-17 di Piala Dunia Tanpa Naturalisasi

Pemain yang kini membela Viking FK ini bercerita dimana proses naturalisasi yang begitu rumit.

“Agen saya, Fardy Bachdim, menelepon saya pada Februari 2022 ketika saya menjalankan persiapan musim di Amerika Serikat bersama Viking. Dia mengatakan pelatih Timnas Indonesia ingin memanggil saya. Dua hari kemudian, saya diberitahu bahwa semuanya akan diatur, sehingga saya bisa mendapatkan paspor saya,” ujar Shayne dilansir dari Voetbal Zone.

Shayne Pattynama di TC timnas Indonesia. (Instagram/PSSI)

“Ternyata sangat rumit. April menjadi Juni, Juni menjadi Oktober, dan pada akhirnya hampir satu setengah tahun. Saya harus memberikan semua jenis surat-surat, termasuk akte kelahiran ayah saya. Saya terbang ke Indonesia tiga kali untuk mendapatkan surat-surat tertentu dari kedutaan. Kesabaran saya diuji,” sambungnya kemudian.

Baca Juga:
Profil Royal Excelsior Virton, Pernah Dijebol Marselino Ferdinan Kini Dibeli N'Golo Kante

“(Upacara naturalisasi) juga spesial. Saya harus pergi ke Indonesia selama dua hari untuk upacara itu. Momen itu terjadi di sela-sela persiapan bersama Viking FK. Klub memberikan lampu hijau dan pada akhirnya semuanya selesai,” tambahnya.

Akhirnya penantian yang selama ini ditunggu membuahkan hasil. Ia cukup bangga bisa melewati rumitnya proses naturalisasi dan kini bisa membela Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Tak Disangka, Rafael Struick Akan Diasuh Eks Pelatih Klub BRI Liga 1

Load More