Rauhanda Riyantama
Sejumlah pemain Timnas Indonesia berfoto bersama sebelum menghadapi Timnas Argentina dalam laga persahabatan FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6/2023). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Bolatimes.com - Usai melakoni laga kontra Palestina dan Argentina, Timnas Indonesia akan melakoni FIFA Matchday September 2023. Kira-kira, negara mana yang bisa menjadi lawan tepat bagi skuad Garuda?

Pada FIFA Matchday Juni 2023, Timnas Indonesia melakoni laga uji tanding internasional melawan dua negara kuat yakni Palestina dan Argentina.

Kedua negara ini berada di peringkat 100 besar FIFA, di mana Palestina berada di peringkat ke-93 dan Argentina berada di peringkat pertama dunia.

Baca Juga:
Janji Jordi Amat usai Timnas Indonesia Gagal Menang di FIFA Matchday Lawan Palestina dan Argentina

Dari dua pertandingan itu, Timnas Indonesia mendapat hasil berbeda dengan mencatatkan satu hasil imbang dan satu kekalahan.

Hasil imbang didapatkan saat melawan Palestina pada Rabu (14/6) yang berakhir dengan skor 0-0 dan kekalahan didapat dari Argentina pada Senin (19/6) dengan skor 0-2.

Akibat hasil ini, ranking Timnas Indonesia pun berpotensi turun dari sebelumnya di peringkat ke-149 menjadi peringkat ke-150.

Baca Juga:
Profil David Gonzalez, Striker Asing Baru Persis Solo

Selain karena hasil tersebut, hasil dari tim-tim lainnya juga turut mempengaruhi ranking Timnas Indonesia yang berpotensi tergusur ke peringkat 150.

Karenanya Timnas Indonesia pun berambisi untuk menaikkan poinnya di ranking FIFA dan akan memanfaatkan FIFA Matchday September 2023 untuk menaikkan ranking.

Selain untuk menaikkan ranking dan poin, FIFA Matchday September 2023 pun juga akan digunakan Timnas Indonesia untuk persiapan dua agenda penting, yakni Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2023.

Baca Juga:
3 Wasit Berlisensi FIFA yang Tak Lolos Seleksi untuk Liga 1 2023-2024

Tak ayal, PSSI pun harus mencari lawan-lawan tangguh guna menaikkan ranking Timnas Indonesia dan juga untuk persiapan tim Merah Putih jelang dua agenda penting itu.

Belum lama ini, Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, memberi Clue mengenai lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday September 2023.

Clue tersebut adalah PSSI tengah mencari lawan yang rankingnya berada di atas Timnas Indonesia demi bisa mendapatkan poin seperti mandat dari sang Ketua Umum (Ketum), Erick Thohir.

Baca Juga:
Pulang ke Belgia, Sandy Walsh Langsung Sambangi Markas KV Mechelen

Melihat Clue tersebut, maka Timnas Indonesia bisa melirik tim-tim peringkat 100 besar FIFA dari lintas benua seperti saat menghadapi Curacao dan Burundi.

Jika mencari lawan seperti Curacao dan Burundi, PSSI bisa melirik tim-tim dari zona CONCACAF atau Afrika untuk FIFA Matchday September 2023.

Dari CONCACAF ada tim-tim seperti Panama yang ada di ranking 58, El Salvador yang ada di peringkat ke-75, atau bahkan Haiti yang ada di ranking ke-87.

Jika dari Afrika, tim-tim peringkat atas yang bisa dilirik seperti Benin (92), Uganda (90), Tanjung Verde (71) atau bahkan Burkina Faso (50) untuk menjadi lawan Timnas Indonesia.

Lawan dari CONCACAF dan Afrika ini bisa menjadi lawan Timnas Indonesia karena negara-negara dari zona tersebut belum melakoni Kualifikasi Piala Dunia 2026 atau agenda lainnya.

Namun jika Timnas Indonesia membutuhkan laga untuk menaikkan poin sekaligus sebagai persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2023 zona Asia dan Piala Asia 2023, maka tak ada salahnya melirik negara-negara benua kuning lainnya.

Jika melawan tim Asia, Timnas Indonesia bisa melirik Bahrain yang ada di peringkat ke-85, China di peringkat ke-81, atau Uzbekistan di peringkat ke-75.

Tiga negara itu cocok menjadi lawan guna persiapan Piala Asia 2023, di mana Timnas Indonesia akan bersua lawan-lawan seperti Jepang, Irak, dan Vietnam di babak grup.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More