Husna Rahmayunita
Cek Fakta: PSSI Kantongi Surat Perjanjian, Lionel Messi Berubah Pikiran Jadi Ikut ke Indonesia. Benarkah? (YouTube/Kreator Bola)

Bolatimes.com - Ribut-ribut Lionel Messi yang dikabarkan tidak akan ikut rombongan Timnas Argentina ke Indonesia, beredar kabar liar jika sang megabintang berubah pikiran.

Narasi Lionel Messi berubah pikiran untuk ikut rombongan Timnas Argentina melakoni FIFA Matchday di Indonesia dibagikan kanal YouTube Kreator Bola.

Melalui sebuah video yang diunggah pada Rabu (14/6/2023), Kreator Bola menyebut Lionel Messi bakal datang ke Indonesia berkat PSSI.

Baca Juga:
Jadwal Lengkap Persib di Liga 1 2023-2024, Lawan Madura United di Laga Perdana

Hal ini tentu menarik diketahui faktanya, pasalnya isu soal kehadiran Messi di Indonesia tengah menjadi isu sensitif di kalangan pecinta sepak bola Indonesia

Lantas benarkah kabar tersebut?

PENJELASAN

Baca Juga:
Jadwal Perempat Final Indonesia Open 2023 Hari Ini: Perang Saudara Jonatan Christie vs Anthony Ginting

'Yes Berubah Pikiran!! Messi OTW ke Indonesia Berkat PSSI - Timnas Langsung Semangat' bunyi judul video kanal YouTube Kreator Bola.

Judul tersebut menarasikan seolah Messi benar-benar pergi ke Indonesia untuk melakoni FIFA Matchday, setelah sebelumnya dikabarkan tak ikut.

Akan tetapi dalam narasi yang dibawakan Kreator Bola, kanal YouTube ini hanya menjelaskan kemungkinan Messi ikut rombongan Argentina ke Indonesia.

Baca Juga:
Jelang Lawan Argentina di FIFA Matchday, Jordi Amat Ungkap Harapannya

Sementara kepastian seperti yang disebutkan dalam judul tidak dijelaskan sama sekali, Kreator Bola hanya mengutip pernyataan Ahmad Riyadh selaku Exco PSSI.

Ahmad Riyadh mengacu pada agenda Argentina di Indonesia, dengan catatan Messi masih terjadwal hadir di Tanah Air.

Ia pun mengajak seluruh masyarakat berdoa agar Messi yang dinanti-nantikan bisa hadir di Indonesia dan bermain bersama Timnas Argentina melawan tuan rumah.

Baca Juga:
Dipastikan Tak Ikut Rombongan Argentina ke Indonesia, Lionel Messi Sampaikan Hal Ini

"Messi tidak datang 100 persen belum ada. Wacana tidak ada, kita masih on schedule," ucap Ahmad Riyadh.

"Sampai hari ini Messi masih terjadwal hadir dalam timnya itu, ya seperti itu insyaallah kita doakan lancar semuanya." imbuhnya.

KESIMPULAN

Narasi video kanal YouTube Kreator Bola tidak sesuai dengan judul yang digunakan alias clickbait, cara yang digunakan untuk mendulang banyak penonton.

Judul tidak sesuai dengan penjelasan hingga fakta yang terjadi di lapangan, tidak ada penjelasan perihal Messi berubah pikiran atau tidak.

Kemudian perjanjian apa yang dibuat PSSI hingga mendapat surat perjanjian tidak dijelaskan secara detail oleh pengunggah video.

Sementara dari hasil pencarian, PSSI hanya berpegang pada agenda atau schedule Timnas Argentina selama di Indonesia dengan Messi berada dalam daftar mereka.

Kontributor: Eko
Load More