Irwan Febri Rialdi
Pemain keturunan Jordy Wehrmann saat membela Belanda. (Instagram/@jordywehrmann)

Bolatimes.com - PSSI tampaknya perlu mempertimbangkan nama mantan kapten Timnas Belanda U-17, Jordy Wehrmann, sebagai salah satu prospek pemain keturunan untuk dinaturalisasi.

Sebetulnya, PSSI dan Jordy Wehrmann pernah menjalin komunikasi untuk menjajaki kemungkinan naturalisasi ini. Apalagi, pemain berusia 24 tahun itu memiliki garis keturunan Indonesia.

Namun, sayangnya ketika itu proses penjajakannya sempat mandek karena berbagai alasan. Kini, peluang untuk menaturalisasi Jordy Wehrmann semakin terbuka lebar dan layak segera dieksekusi PSSI.

Baca Juga:
Merapat ke Timnas Indonesia, Elkan Baggott Siap Hadapi Juara Piala Dunia 2022

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang membuat PSSI perlu menaturalisasi pemain keturunan Indonesia-Belanda, Jordy Wehrmann.

1. Pernah Berkomunikasi dengan STY

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tentu sudah memiliki sederet informasi mengenai Jordy Wehrmann. Pasalnya, pelatih asal Korea Selatan itu pernah berkomunikasi dengan Jordy Wehrmann.

Baca Juga:
Jelang Timnas Indonesia vs Argentina, Elkan Baggott Siap Coba dan Nikmati Pertandingan

Ketika itu, STY memang tengah mengumpulkan pemain-pemain keturunan yang bersedia dinaturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia. Sayangnya, proses penjajakan dengan Jordy mandek.

Sebab, ketika itu Jordy tengah disibukkan dengan mencari klub barunya. Saat itu saya terlalu sibuk mencari klub baru, dan awalnya berpikiran baru fokus ke tim nasional setelah mendapatkan klub baru,” kata Jordy dikutip dari YouTube Yussa Nugraha.

2. Punya Keinginan Besar 

Baca Juga:
Jadwal Final Piala Dunia U-20 2023: Uruguay vs Italia Berburu Gelar Perdana

Salah satu alasan terkuat yang membuat PSSI layak mempertimbangkan nama Jordy Wehrmann sebagai amunisi naturalisasi selanjutnya ialah keinginan besar sang pemain untuk tampil bersama Timnas Indonesia.

Hal semacam ini jelas bisa menjadi alasan kuat bagi Jordy Wehrmann untuk memberikan penampilan terbaiknya ketika sudah berseragam dengan lambang garuda di dada.

"Saya ingin sekali membela Timnas Indonesia. Saya sudah memikirkan Timnas Indonesia dan akan sangat fantastis kalau bisa membela Indonesia, akan menjadi mimpi yang menjadi kenyataan,” ujarnya.

Baca Juga:
Gadis Cantik Kamboja Dapat Saingan, Marselino Ferdinan Mulai Digandrungi Bocil

3. Opsi Baru di Lini Tengah

Jordy Wehrmann bakal menjadi alternatif tambahan bagi Timnas Indonesia di lini tengah. Sebab, cukup sulit mencari pemain keturunan Indonesia yang bermain di posisi ini.

Posisi naturalnya memang sebagai gelandang bertahan. Namun, dia bisa juga diplot sebagai bek tengah maupun gelandang tengah. Posturnya yang mencapai 180 cm juga cukup ideal untuk berduel dengan pemain lawan.

Kualitasnya memang sudah cukup terbukti dengan caps bersama Timnas Belanda di level junior. Selain pernah bermain di U-16, dia juga pernah tampil bersama U-17, U-19, dan U-20.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More