Irwan Febri Rialdi
Cek fakta Justin Hubner urus dokumen naturalisasi. (YouTube/Kreator Bola)

Bolatimes.com - Sebuah kanal YouTube bernama Kreator Bola belakangan ini mengunggah sebuah video yang narasinya menyebut bahwa Justin Hubner memenuhi janji ke Jakarta untuk mengurus dokumen Timnas. Bagaimana faktanya?

Narasi itu diedarkan oleh kanal YouTube Kreator Bola dalam sebuah video unggahannya. Mereka menyebut bahwa Justin Hubner akan pergi ke Jakarta untuk mengurus dokumen Timnas Indonesia.

“Penuhi Janji ke Jakarta! Justin Hubner Serius Urus Dokumen Timnas – PSSI Gerak Cepat,” bunyi judul yang digunakan kanal YouTube Kreator Bola dalam video unggahannya tersebut.

Baca Juga:
Nguyen Quang Hai Akhiri Kontrak dengan Klub Prancis, Tim Liga Indonesia Ada yang Minat dengan Messi Vietnam?

Lalu, bagaimana fakta yang sesungguhnya? Apakah klaim yang disebarkan oleh kanal YouTube Kreator Bola ini dapat dipertanggungjawabkan sesuai fakta yang sebenarnya?

PENJELASAN

Apabila mengulas secara teliti video yang berdurasi 3:11 menit ini, sebetulnya tidak ada sama sekali penjelasan yang disajikan oleh kreator video tersebut soal klaim bahwa Justin Hubner akan terbang ke Jakarta.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Juan Sebastian Veron Tolak Bayaran PSSI demi Jadi Asisten Pelatih Timnas Indonesia

Pada bagian awal video, kreator video ini hanya menjelaskan secara sekilas soal kiprah Justin Hubner bersama klubnya saat ini, Wolverhampton Wanderers U-21. 

Kemudian, penjelasan berlanjut soal kabar terbaru dari pemain berusia 19 tahun ini yang namanya tak dipanggil oleh Timnas Belanda U-21 setelah batal melanjutkan proses naturalisasinya menjadi WNI.

Selain itu, tak ada pula penjelasan yang disajikan oleh kanal YouTube Kreator Bola soal rencana Justin Hubner terbang ke Jakarta untuk mengurus dokumen yang diperlukan untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Profil Hamdan Hamedan, Eks Utusan Khusus PSSI yang Disentil Exco Arya Sinulingga

Sebab, kreator video ini hanya menyampaikan asumsi-asumsi tanpa didasari fakta yang bisa dibuktikan kebenarannya.

“Justin Hubner pun mengatakan ingin masih tetap membela Timnas Indonesia. Namun sampai saat ini kita belum tahu apakah PSSI masih membuka pintu bagi Justin Hubner atau tidak,” ujar narator dalam video tersebut.

“Yang jelas ini akan menjadi hal yang sangat mungkin bisa saja menjadi indikasi bahwa sebenarnya sosok Justin Hubner ini ingin membela Indonesia.”

Baca Juga:
Ernando Ari Ternyata Sempat Tolak Panggilan Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday, Ini Alasannya

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan yang disebutkan di atas, dapat disimpulkan bahwa klaim yang disebarkan oleh kanal YouTube Kreator Bola melalui videonya itu tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Sebab, tidak ada kabar apa pun soal rencana Justin Hubner yang ingin terbang ke Indonesia untuk mengurus dokumen keperluan Timnas Indonesia.

Dengan demikian, video tersebut juga dapat dikategorikan sebagai false connection atau koneksi yang salah karena tidak ada kesesuaian dengan isi yang disajikan.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More