Husna Rahmayunita
imnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. (Instagram/pssi)

Bolatimes.com - Apabila menghitung peluang yang ada, Timnas Indonesia U-23 sebetulnya memiliki kans yang cukup terbuka untuk bisa merebut tiket lolos dari babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Berdasarkan hasil drawing pembagian grup Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 pada Kamis (25/5/2023), Timnas Indonesia U-23 yang tergabung di Grup K akan bersaing melawan Turkmenistan U-23 dan Taiwan U-23.

Salah satu jalur terbaik yang bisa dimaksimalkan Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 ialah menjadi juara Grup K. Sebetulnya, ada alternatif lainnya dari jalur runner-up terbaik.

Baca Juga:
Punya Keturunan Indonesia, Wonderkid Tottenham Pernah Masuk Dalam Daftar Talenta Terbaik Seperti Marselino Ferdinan

Namun, untuk opsi yang disebut terakhir, potensinya memang sangat tipis. Sebab, Garuda Muda harus bisa bersaing dengan 10 kontestan dari grup lain untuk melenggang ke putaran final melalui skema ini.

Apabila melihat dua lawan yang bakal dihadapi di Grup K, pesaing terberat anak asuh Indra Sjafri untuk lolos ialah Turkmenistan. Sebab, ada rekor pertemuan yang tak berpihak pada skuad Garuda Muda.

Berdasarkan pertemuan terakhir antara kedua tim yang berlangsung pada ajang Kualifikasi Olimpiade 2012 Zona Asia, ketika itu Timnas Indonesia kalah dengan agregat 1-4 setelah berduel dalam dua leg.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Starting Line Up Timnas Indonesia vs Argentina Full Pemain Naturalisasi

Adapun untuk menumbangkan Taiwan, Indonesia punya peluang yang cukup besar. Di atas kertas, Indonesia memang selalu unggul. Empat pertemuan yang sudah terjadi selama ini berakhir dengan tiga kemenangan untuk Garuda.

Adapun momen pertemuan terakhir antara keduanya terjadi di Asian Games 2018 yang ketika itu digelar di Jakarta-Palembang. Hasilnya, anak asuh Luis Milla sukses menang telak dengan skor 4-0.

Oleh karena itu, Timnas Indonesia U-23 memang sebetulnya punya kesempatan besar untuk bisa melewati adangan dua pesaingnya tersebut pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Baca Juga:
Profil Gustavo Almeida, Eks Penyerang Liga Jepang yang Jadi Amunisi Baru Arema FC

Salah satu faktor yang menjadi keuntungan bagi anak asuh Indra Sjafri ialah status sebagai tuan rumah penyelenggara. Dukungan fanatik dari suporter bakal menjadi suntikan semangat tersendiri untuk Rizky Ridho dan kawan-kawan.

Meskipun peluangnya juga tak mudah-mudah amat, tetapi kans untuk lolos tetap terbuka. Skuad Garuda Muda bisa memaksimalkan jalur via runner-up terbaik untuk bisa merebut satu tiket.

Secara hitung-hitungan, Timnas Indonesia U-23 harus bisa meraih kemenangan telak atas Taiwan, lalu bisa menahan imbang Turkmenistan. Kalaupun harus kalah, maka selisih golnya tak boleh terlalu besar.

Baca Juga:
Ganjar Pranowo: Dituding Bikin Batal Piala Dunia U-20, Terbaru Undang Pemain Timnas Peraih Emas SEA Games

Skema inilah yang paling masuk akal dan ideal untuk bisa diwujudkan pasukan Garuda Muda saat berlangsung pada 4 hingga 12 September 2023, demi asa lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More