Rauhanda Riyantama
Skuad Timnas Indonesia saat lawan Burundi di FIFA Matchday 2023. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Muncul informasi yang menyebutkan bahwa pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah resmi memanggil 26 nama pemain untuk menghadapi Palestina dan Argentina di FIFA Matchday periode Juni 2023.

Salah satu yang mengungkapkan informasi ini ialah kanal YouTube INJURY TIME TV. Kreator video ini menyampaikan bahwa Shin Tae-yong memanggil total 26 nama pemain pada agenda kali ini.

“RESMI! 26 Pemain Dipanggil STY untuk FIFA Matchday Hadapi Palestina dan Argentina,” bunyi judul yang disematkan kanal YouTube INJURY TIME TV dalam video unggahannya tersebut.

Baca Juga:
Hasil Drawing Kualifikasi Piala Asia U-23 2024: Indonesia Terhindar dari Grup Neraka, Lawan Taiwan dan Turkmenistan

Selain dari judul, kreator video yang diunggah INJURY TIME TV itu juga menyampaikan informasi serupa melalui narasi yang disampaikan dalam awal video.

“Garuda memanggil. Shin Tae-yong panggil 26 pemain Timnas Indonesia untuk menjalani laga FIFA Matchday Juni 2023 menghadapi Palestina dan juga Argentina,” ujar narator dalam video tersebut.

Lalu, benarkah Shin Tae-yong memanggil 26 nama pemain menjelang agenda FIFA Matchday yang akan dihadapi Timnas Indonesia pada Juni mendatang.

Baca Juga:
Undang Argentina untuk Tanding Lawan Timnas Indonesia, Erick Thohir Ungkap Alasannya

PENJELASAN

Apabila ditelusuri lebih jauh, sebetulnya informasi yang disampaikan oleh kreator video tersebut merujuk pada pernyataan asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto, saat dihubungi wartawan media olahraga nasional.

Dalam wawancara itu, Nova Arianto menyampaikan apabila Shin Tae-yong akan memanggil 26 pemain untuk menjalani persiapan menjelang agenda FIFA Matchday melawan Palestina dan Argentina.

Baca Juga:
Sat-set, Exco PSSI Bongkar Proses Naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick yang Cepat Rampung

“Ditunggu rilisnya, ya. Rencananya (memanggil) 26 pemain,” kata Nova Arianto yang dikutip oleh kreator video INJURY TIME TV.

Dalam video tersebut, kreatornya memang tak menyebutkan secara spesifik dari mana informasi tersebut berasal. Mereka hanya mengutipnya tanpa menyampaikan sumber media yang diambil.

Meskipun demikian, sampai saat ini belum ada informasi atau rilis resmi yang disampaikan oleh PSSI soal jumlah dan nama-nama pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk agenda FIFA Matchday ini.

Baca Juga:
Jelang Duel Timnas Indonesia vs Argentina, Media Inggris Sinis Singgung Tragedi Kanjuruhan

KESIMPULAN

Jika merujuk pada berita yang sudah ditayangkan tersebut, informasi soal rencana Shin Tae-yong memanggil 26 nama pemain saat Timnas Indonesia menghadapi FIFA Matchday Juni 2023 hoaks karena belum resmi diumumkan.

Pasalnya, informasi ini masih belum dirilis secara resmi oleh PSSI. Jumlah yang disebutkan Nova Arianto itu merupakan bocoran yang disampaikan kepada media. Jadi, soal kepastian jumlah dan nama-namanya, publik diminta menanti pengumuman resmi dari pihak federasi.

Kontributor: Muh Faiz Maulana
Load More