Husna Rahmayunita
Cristiano Ronaldo disebut beri wejangan ke Timnas Indonesia U-22. (YouTube/Goatnaldo)

Bolatimes.com - Keberhasilan Timnas Indonesia U-22 meraih medali emas SEA Games 2023 turut diiringi dengan membanjirnya konten-konten yang tidak sesuai dengan fakta. Salah satunya yakni video yang menyebut bahwa Cristiano Ronaldo ikut angkat bicara terkait kesuksesan ini.

Video yang diunggah oleh kanal YouTube GOATNALDO turut menyebarkan narasi bahwa Cristiano Ronaldo memberikan wejangan kepada Timnas Indonesia U-22 yang sukses meraih medali emas SEA Games 2023.

Melalui judulnya, konten tersebut menyebutkan bahwa Cristiano Ronaldo telah memberikan wejangan kepada skuad Garuda Muda untuk bisa mengalahkan Thailand di final SEA Games 2023.

Baca Juga:
Bonus SEA Games 2023 Dipakai untuk Hal Mulia, Rio Fahmi Disanjung Media Vietnam

"BIKIN GEGER DUNIA! Ronaldo Beri Wejangan utk pemain Muda Indonesia Bungkam Kesombongan Thailand,” bunyi judul video yang diunggah oleh kanal YouTube GOATNALDO itu.

Tak hanya melalui judul, kanal YouTube itu juga menampilkan foto Indra Sjafri yang tengah memegang medali emas SEA Games 2023 dan wajah Cristiano Ronaldo di sisi kanannya.

Selain dua foto tersebut, ada pula tulisan yang menyebut bahwa CR7 telah memberikan komentar yang menggegerkan dunia terkait keberhasilan Timnas Indonesia U-22 di ajang tersebut.

Baca Juga:
Kerja Sama dengan JFA, PSSI Berencana Boyong Wasit Jepang ke Indonesia

"BIKIN MERINDING SATU DUNIA KOMENTAR RONALDO PERINGATKAN INDONESIA SETELAH RAIH EMAS".

Lalu, bagaimana fakta yang sesungguhnya terkait konten ini. Benarkah Cristiano Ronaldo memberikan komentar dan wejangan untuk keberhasilan Timnas Indonesia U-22? Berikut Bolatimes.com menyajikan penjelasannya.

PENJELASAN

Baca Juga:
Kisah Diego Maradona Bujuk Lionel Messi Kunjungi Indonesia, Segera Terealisasi di FIFA Matchday Juni 2023

Apabila ditelusuri lebih jauh, sebetulnya narasi yang disampaikan melalui video tersebut tidak memuat bukti-bukti yang valid dan kredibel, utamanya berkaitan tentang komentar Cristiano Ronaldo.

Pasalnya, jika merujuk pada narasi yang dimuat dalam menit 1:39 hingga 2:00, pemain Timnas Portugal itu hanya memberikan saran kepada para pesepak bola muda secara umum, tanpa spesifik menyebutkan Indonesia.

Selain itu, ada satu bagian khusus dari kalimat yang dicuplik pengunggah video ini di bagian, "Ronaldo datang ke Asia untuk memajukan sepak bola Asia".

Baca Juga:
Sah Jadi WNI, Intip Momen Ivar Jenner dan Rafael Struick yang Langsung Bikin KTP

Komentar ini sebetulnya diambil dari pernyataan Cristiano Ronaldo saat pengumuman bergabung dengan tim sepak bola Al Nassr di Arab Saudi. Bukan sehubungan relasi pemain bola ini dengan Indonesia.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa video yang diunggah oleh kanal YouTube GOATNALDO tidak dapat diverifikasi kebenarannya sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Selain itu, konten yang diunggah video tersebut dapat dikategorikan sebagai false connection atau koneksi yang salah karena tidak ada kesesuaian antara judul video dengan isi yang disajikan.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More