Rauhanda Riyantama
Skuad Timnas Indonesia U-22 saat mengalahkan Vietnam di semifinal SEA Games 2023. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Mengulik catatan Timnas Indonesia kala bermain di final SEA Games. Berapa kali tim Merah Putih keluar sebagai kampiun dan meraih medali emas?

Timnas Indonesia kembali menembus partai final SEA Games di edisi 2023, setelah mengalahkan Vietnam di babak semifinal, Sabtu (13/5) sore WIB.

Dalam babak semifinal itu, tim yang ditukangi Indra Sjafri ini mampu meraih kemenangan 3-2 secara dramatis, usai bermain dengan 10 orang sejak menit ke-60 dan memastikan kemenangan di menit akhir.

Baca Juga:
Tanggapi Kemenangan Timnas Indonesia U-22 di Semifinal SEA Games 2023, Media Thailand Singgung Kualitas Vietnam

Adapun tiga gol Timnas Indonesia U-22 itu dicetak masing-masing oleh Komang Teguh di menit ke-10, Muhammad Ferarri di menit ke-53, dan Muhammad Taufany di menit ke-90+5.

Sedangkan dua gol Vietnam di semifinal dicetak oleh Nguyen Van Tung di menit ke-36 dan gol bunuh diri Bagas Kaffa di menit ke-79.

Berkat kemenangan ini, Timnas Indonesia U-22 akan menghadapi Thailand yang di babak semifinal mampu mengalahkan Myanmar dengan skor 3-0, Sabtu (13/5) malam WIB.

Baca Juga:
Piala Sudirman 2023: Gregoria Mariska Menang, Indonesia Unggul 3-0 atas Kanada

Laga melawan Thailand di final SEA Games 2023 akan menjadi final ke-8 yang dilakoni Timnas Indonesia di pesta olahraga dua tahunan itu.

Sebelumnya, Timnas Indonesia tercatat sudah tampil di final SEA Games sebanyak tujuh kali. Bagaimana catatan tim Merah Putih dalam tujuh final ajang ini?

1. SEA Games 1979

Baca Juga:
Hasil Piala Sudirman 2023: Anthony Ginting Cs Main, Indonesia Menang Telak atas Kanada

Di SEA Games 1979, Timnas Indonesia berhasil menembus final untuk kali pertama, setelah mengalahkan Thailand dalam perebutan tempat kedua.

Di final, Timnas Indonesia bertemu Malaysia. Nahas, tim Merah Putih harus tumbang dalam perebutan medali emas setelah tumbang dengan skor 0-1.

2. SEA Games 1987

Baca Juga:
Momen Provokasi Pemain Vietnam di Laga Semifinal SEA Games 2023 Bikin Gemas, Dada Witan Sulaeman Jadi Sandaran

Butuh delapan tahun lamanya bagi Timnas Indonesia untuk bisa kembali menembus final SEA Games sejak final pertamanya pada 1979, yakni pada SEA Games 1987.

Di final kali ini, Timnas Indonesia bertemu lagi dengan Malaysia. Tapi, medali emas kini menjadi milik tim Merah Putih yang berhasil membalaskan kekalahan pada 1979 dengan kemenangan 1-0.

3. SEA Games 1991

Empat tahun usai meraih medali emas, Timnas Indonesia kembali meraih medali emas di SEA Games 1991 dengan mengalahkan tim kuat, Thailand.

Di laga final yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno itu, Timnas Indonesia berhak meraih medali emas usai menang atas Thailand lewat adu penalti, usai bermain 0-0 di sepanjang laga.

4. SEA Games 1997

Di SEA Games 1997, Timnas Indonesia kembali menembus babak final dan kembali bersua Thailand untuk memperebutkan medali emas.

Tapi nasib kini berpihak pada Thailand yang berhasil menyabet medali emas berkat menang adu penalti atas Timnas Indonesia, usai bermain 1-1 di sepanjang laga.

5. SEA Games 2011

Usai lama absen di final SEA Games, Timnas Indonesia kembali menembus partai puncak ajang ini pada 2011 yang digelar di Tanah Air.

Di final SEA Games 2011 ini, Timnas Indonesia harus takluk di tangan Malaysia lewat adu penalti, setelah bermain imbang 1-1 sepanjang pertandingan.

6. SEA Games 2013

Dua tahun pasca SEA Games 2011, Timnas Indonesia bisa kembali lagi ke final SEA Games pada edisi 2013 dan bertemu dengan Thailand.

Di SEA Games 2013 yang digelar di Myanmar ini, Timnas Indonesia harus puas meraih medali perak setelah takluk 0-1 dari Thailand.

7. SEA Games 2019

Terakhir kali Timnas Indonesia menembus final SEA Games terjadi pada 2019 lalu saat pesta olahraga dua tahunan ini digelar di Vietnam.

Di bawah arahan Indra Sjafri kala itu, Timnas Indonesia harus tumbang di final dari Vietnam dengan skor 0-3, sehingga harus puas meraih medali perak.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More