Rauhanda Riyantama
Sandy Walsh vs Kaoru Mitoma saat bertemu di Liga Belgia (Twitter)

Bolatimes.com - Mengenang momen Sandy Walsh Berduel dengan Kaoru Mitoma, seiring bakal bertemunya Timnas Indonesia dengan Jepang di grup D Piala Asia 2023.

Hasil Drawing Piala Asia 2023 pada Kamis (11/5) lusa kemarin  bisa dikatakan tak menguntungkan Timnas Indonesia di turnamen tersebut.

Maklum saja, tim berjuluk skuad Garuda ini akan bertemu dengan lawan-lawan tangguh seperti Jepang, Irak, dan Vietnam di babak grup ajang empat tahunan itu.

Baca Juga:
Hasil SEA Games 2023: Timnas Indonesia U-22 Lolos ke Final usai Menang Dramatis Lawan Vietnam

Lawan-lawannya tersebut punya prestasi dan materi pemain yang jauh lebih baik ketimbang Timnas Indonesia, terutama Jepang dengan prestasi dan segudang pemain kelas Eropa.

Jepang diketahui merupakan kampiun terbanyak Piala Asia dengan empat gelar. Selain itu, tim berjuluk Samurai Biru itu punya materi pemain kelas wahid yang berkiprah di Eropa.

Salah satu pemain Jepang yang berkiprah di Eropa adalah Kaoru Mitoma yang saat ini bermain untuk Brighton & Hove Albion di kompetisi Premier League atau Liga Inggris.

Baca Juga:
Momen Pelatih Vietnam Bawa Jepang Juara Piala Asia 2000, Kini Jumpa di Piala Asia 2023

Mitoma bahkan dicap sebagai bintang di kompetisi domestik terelite tersebut, dengan julukan sebagai Raja Dribel, karena kemampuannya melewati lawan.

Pada Piala Asia 2023 nanti, Jepang kemungkinan besar akan membawa Mitoma, yang bisa menjadi mimpi buruk bagi tim-tim di grup D.

Meski Jepang akan membawa Mitoma, Timnas Indonesia tampaknya tak perlu panik, mengingat ada sosok Sandy Walsh yang memiliki pengalaman bersua dengannya

Baca Juga:
Momen Gol Berkelas Komang Teguh ke Gawang Vietnam, Berkat Assist Lemparan Jarak Jauh Pratama Arhan

Duel Sandy Walsh vs Kaoru Mitoma

Sebagai informasi, sebelum membela Brighton, Mitoma sendiri sempat berkarier di Belgia dengan membela Royal Saint Union-Gilloise dengan status pinjaman pada musim 2021/2022.

Karena bermain di kasta teratas Belgia, Mitoma pun otomatis bertemu dengan Sandy Walsh yang bermain untuk KV Mechelen.

Baca Juga:
Jadwal Liga Inggris Malam Ini: Ada Chelsea vs Nottingham Forest hingga Man United vs Wolves

Pada musim 2021/2022 lalu, KV Mechelen dan Royale Union Saint-Gilloise bersua sebanyak tiga kali di segala ajang yang diikuti.

Meski tiga kali klubnya bersua, pertarungan Sandy Walsh dan Mitoma sendiri hanya tercipta sekali saja, yakni di pekan ke-18 Liga Belgia atau Jupiler Pro League 2021/2022.

Pada laga yang berlangsung di markas Royale Union Saint-Gilloise itu, Sandy Walsh dan KV Mechelen harus rela gawangnya kebobolan dua kali.

Saat itu, Sandy Walsh bisa dikatakan gagal mengantisipasi Mitoma yang mampu menciptakan assist untuk gol pertama timnya lewat Dante Vanzeir di menit ke-35.

Meski pertemuan itu berakhir buruk bagi Sandy Walsh, setidaknya pertemuan itu bisa jadi pengalaman berharga baginya dan Timnas Indonesia saat berhadapan dengan Jepang dan Mitoma di Piala Asia 2023.

Pengalaman Sandy Walsh untuk Piala Asia 2023 ini tak hanya soal mengatasi Mitoma saja, melainkan juga mengatasi para pemain Jepang lainnya.

Bek kanan berusia 28 tahun itu punya pengalaman mumpuni melawan pemain-pemain Jepang yang sama sepertinya, yakni berkarier di Belgia.

Sebut saja nama-nama seperti Daiki Hashioka yang kini membela Sint-Truiden, Ayase Ueda yang berstatus penyerang Cercle Brugge, dan bahkan Takehiro Tomiyasu saat masih bermain di Liga Belgia.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More