Rauhanda Riyantama
Timnas Malaysia U-22 di SEA Games 2023. (Dok. FAM)

Bolatimes.com - Berikut lima negara yang dipastikan telah tersingkir dari cabang olahraga (cabor) sepak bola putra SEA Games 2023, di mana rival abadi Timnas Indonesia, Malaysia, dipastikan tersingkir.

Cabor sepak bola putra SEA Games 2023 tengah memasuki babak akhir fase grup. Beberapa negara bahkan telah merampungkan fase grup dengan memainkan empat pertandingan.

Sedangkan beberapa negara lainnya masih menyisakan satu pertandingan, yang akan menentukan langkahnya lolos dari babak grup dan melangkah ke semifinal.

Baca Juga:
Real Madrid vs Manchester City, Erling Haaland Jadi Ancaman Berbahaya Los Blancos

Selain menentukan kelolosan, laga terakhir atau laga keempat fase grup SEA Games 2023 ini juga akan menentukan siapa negara yang jadi juara maupun Runner Up grup.

Penentuan juara dan Runner Up grup ini penting bagi setiap negara peserta, untuk mengetahui negara mana yang akan jadi lawannya di semifinal nanti.

Meski fase grup belum sepenuhnya rampung, ternyata ada beberapa negara yang sudah terlebih dulu dipastikan tak akan lolos ke semifinal alias tersingkir di babak grup.

Baca Juga:
Kamboja Lawan Timnas Indonesia U-22, Keisuke Honda Sampaikan Pesan Menyentuh

Total ada lima negara yang sudah dipastikan tak akan lolos ke babak semifinal SEA Games 2023. Negara mana saja itu?

1. Malaysia (Grup B)

Malaysia yang tergabung di grup B alias grup neraka, harus angkat koper lebih cepat pada cabor sepak bola putra SEA Games 2023 ini.

Baca Juga:
Rumor Panas! Media Malaysia Soroti Peluang Safawi Rasid Perkuat Persib Bandung

Tim berjuluk Harimau Malaya Muda ini dipastikan tak lolos setelah menelan kekalahan 1-2 dari Vietnam di laga ketiga grup B.

Meski masih memiliki satu laga tersisa, Malaysia yang baru mengumpulkan tiga poin, tak akan bisa mengejar perolehan poin Thailand dan Vietnam yang telah mengantongi sembilan poin dan dipastikan ke semifinal.

2. Singapura (Grup B)

Baca Juga:
Simak Cara Main FIFA Mobile Menggunakan Stick di NEMU Play Emulator

Masih dari grup B, ada Singapura yang juga dipastikan tak akan melangkah ke babak semifinal cabor sepak bola putra SEA Games 2023.

Berbeda dengan Malaysia, kepastian Singapura tersingkir lebih cepat diketahui setelah menelan dua kekalahan di dua laga pertamanya di grup B, kala menghadapi Thailand dan Vietnam.

Lalu di laga ketiga, Singapura hanya bisa bermain imbang 0-0 dengan Laos. Sehingga saat ini tim Singa Muda itu baru mengumpulkan satu poin saja.

3. Filipina (Grup A)

Filipina digadang-gadang akan jadi kejutan pada SEA Games 2023 ini. Akan tetapi, prediksi ini melenceng jauh saat The Azkals berpartisipasi.

Filipina harus tersingkir lebih cepat di SEA Games 2023, setelah menelan dua kekalahan dan satu hasil imbang dari tiga pertandingan di grup A.

Dengan satu laga tersisa, secara matematis Filipina tak akan lolos ke semifinal, karena berstatus juru kunci dan baru mengumpulkan satu poin saja.

4. Timor Leste (Grup A)

Timor Leste sempat tampil menjanjikan di SEA Games 2023 ini, setelah berhasil menggasak Filipina di laga kedua grup A dengan skor 3-0.

Tapi di laga keempat grup A, Timor Leste dipastikan gagal lolos ke semifinal setelah menelan kekalahan 0-4 dari Timnas Indonesia U-22.

Dengan catatan tiga kekalahan dan satu kemenangan, Timor Leste pun dipastikan tak akan bisa melaju ke babak semifinal SEA Games 2023.

5. Laos (Grup B)

Laos bisa dikatakan tim paling apes di SEA Games 2023 ini, karena tergabung di grup neraka bersama Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Singapura.

Apesnya nasib Laos pun terlihat dari tiga kekalahan yang didapatkan dari empat pertandingan di grup B, kala dibekuk 2-0 oleh Vietnam, 5-1 oleh Malaysia, dan 4-1 oleh Thailand.

Tiga kekalahan itu cukup untuk membuat Laos tersingkir lebih cepat, dan menjadi tim yang paling banyak kebobolan di SEA Games 2023 dengan 11 gol.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More