Rauhanda Riyantama
Vietnam hajar SIngapura 3-1 di Grup B SEA Games 2023. (Dok. VFF)

Bolatimes.com - Sejumlah kontestan yang masih kategori tim unggulan di cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2023 punya peluang untuk rontok dari perebutan tiket ke fase gugur.

Pasalnya, meski menyandang status sebagai tim unggulan di SEA Games 2023 ini, mereka juga bakal menghadapi tantangan yang cukup sulit untuk lolos ke fase gugur karena persaingan ketat di babak penyisihan.

Bukan tidak mungkin, apabila mereka tidak bisa melewati setiap tantangannya dengan baik, maka mereka bakal tergelincir dari persaingan.

Baca Juga:
Hitungan Ranking FIFA Timnas Indonesia jika Menang Lawan Argentina di FIFA Matchday, bakal Naik Drastis?

Berikut Bolatimes.com menyajikan deretan tim unggulan yang berpotensi besar gugur di fase penyisihan grup SEA Games 2023.

1. Kamboja

Timnas Kamboja U-22 yang berstatus sebagai tuan rumah penyelenggara SEA Games 2023 ini menjadi kontestan pertama yang berpeluang besar untuk gugur di fase grup.

Baca Juga:
Jadwal Bola Malam Ini: Liverpool vs Brentford, AC Milan vs Lazio, hingga Real Madrid vs Osasuna di Final Copa del Rey

Statusnya sebagai tuan rumah sebetulnya membuat Kamboja cukup diunggulkan pada pesta olahraga edisi ke-32 ini. Namun, peluangnya untuk lolos ternyata sangat tipis.

Sebab, yang terbaru mereka ditahan imbang Filipina dengan skor 1-1. Saat ini, Angkor Warriors memang masih berada di peringkat kedua dengan koleksi empat poin.

Namun, pada dua laga sisa, mereka masih akan menghadapi Myanmar dan Indonesia. Laga melawan Indonesia memang jadi yang terberat karena bisa menjegal langkah mereka ke semifinal.

Baca Juga:
Persiapan Hadapi PSM Makassar, Bali United akan Gelar Latihan pada 15 Mei

2. Malaysia

Kontestan kedua yang paling rawan rontok di fase penyisihan grup meski berstatus sebagai tim unggulan ialah Timnas Malaysia U-22 yang kini tergabung di Grup B.

Tiket untuk lolos ke fase semifinal memang harus diperjuangkan secara maksimal oleh Harimau Malaya Muda mengingat mereka tergabung di grup neraka bersama Thailand dan Vietnam.

Baca Juga:
Berkasnya Sudah Disetujui Presiden, Timnas Indonesia Segera Punya Tambahan 2 Amunisi Pemain Naturalisasi

Pada laga pertama, Malaysia memang sukses menang telak dengan skor 5-1 atas Laos. Namun, setelah ini secara berturut-turut mereka akan menghadapi Thailand dan Vietnam.

Jika gagal meraih hasil positif pada dua laga ini, peluang Harimau Malaya Muda untuk lolos bisa sangat menipis.

3. Vietnam

Timnas Vietnam U-22 menjelma sebagai sosok kontestan yang paling diunggulkan karena berstatus sebagai peraih medali emas SEA Games 2023.

Sebetulnya, Vietnam sudah berhasil meraih dua kemenangan beruntun, yakni melawan Vietnam 2-0 Laos dan Singapura (3-1). Namun, pada dua laga sisa, mereka bakal menghadapi lawan yang cukup menantang.

Dua lawan tersebut yakni Malaysia dan Thailand. Dua lawan ini memang menjadi pesaing terberat bagi The Golden Star untuk bisa mempertahankan posisinya di puncak klasemen Grup B.

Kontributor: Muh Faiz Maulana
Load More