Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Timnas Indonesia dalam laga melawan Burundi. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia akan memiliki dua pemain naturalisasi setelah lebaran. Ya, kedua pemain itu adalah Ivar Jenner (gelandang) dan Rafael Struick (striker).

Hanggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga mengatakan proses naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick sebentar lagi selesai. Keduanya dijadwalkan menjalani sumpah setelah lebaran.

Rafael dan Ivar telah melalui beberapa proses tahapan menjadi WNI. Keduanya bersama Justin Hubner yang gagal di naturalisasi merupakan pemain rekomendasi Shin Tae-yong yang disiapkan untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga:
Liga 1 Kalah, 3 Kompetisi Pramusim Ini Beri Hadiah Besar untuk Peraih Juara

Namun, ajang tersebut batal terselenggara di Indonesia setelah FIFA mencabut status tuan rumah. Kemudian, PSSI mempertegas komitmen keduanya setelah proses naturalisasi mereka disetujui DPR RI dari mulai Komisi III dan X hingga rapat Paripurna.

Pemain keturunan, Rafael Struick. [Dok. PSSI]

Hasilnya, hanya Justin Hubner yang batal dinaturalisasi. Pemain Wolverhampton Wanderes U-21 itu punya permintaan yang tidak bisa dipenuhi PSSI. Sementara Ivar dan Rafael tetap lanjut.

Arya menjelaskan pihaknya sudah bersurat kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk menjadwalkan proses pengambilan sumpah WNI. Surat pemberitahuan ulang harus dilakukan menyusul batalny Justin Hubner.

Baca Juga:
Rekan Setim Jordi Amat Dicoret dari Skuad Malaysia di SEA Games 2023, Vietnam dan Thailand Full Senyum

"Kami sudah bersurat ke Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga). Nanti, kemenpora akan bersurat ke Kemensetneg (Kementerian Sekretariat Negara) untuk memproses Jenner dan Struick agar diurus administrasi dan disumpah," kata Arya di Kantor PSSI, GBK Arena, Jakarta Pusat, Senin (17/4/2023).

"Kami harus membuat surat pemberitahuan lagi sebab awalnya kan tiga pemain, tapi satu pemain tidak jadi," lanjutnya.

Setelah Keppres keluar, ketiganya baru bisa dilantik oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI. Proses belum selesai karena ketiganya harus diurus perpindahan federasi dari Belanda ke PSSI.

Baca Juga:
Geger, PSM Makassar Tak Dapat Hadiah Uang usai Juara BRI Liga 1 2022

"Kemungkinan dilantik setelah Lebaran," tambah Arya yang juga staf khusus Kementerian BUMN.

Load More