Husna Rahmayunita
Kolase Asnawi Mangkualam, Marselino Ferdinan, dan Pratama Arhan. (Dok. Jeonnam, KMSK Deinze, dan Tokyo Verdy)

Bolatimes.com - Statistik para pemain abroad Indonesia akan dibahas lebih lanjut dalam artikel kali ini. Bagaimana kesempatan dan catatan yang mereka torehkan di luar negeri?

Berikut ulasan statistik para pemain abroad Indonesia dari Bolatimes!

1. Asnawi Mangkualam

Baca Juga:
CEK FAKTA: PSSI Tunjuk Shin Tae-yong Gantikan Indra Sjafri di SEA Games 2023

Kabar pertama datang dari Asnawi Mangkualam yang membela Jeonnam Dragons di K League 2. Eks pemain PSM Makassar itu sempat terkendala di awal musim ini.

Pasalnya dalam laga keduanya bersama Jeonnam Dragons, Asnawi malah mendapatkan kartu merah langsung sehingga harus absen dua laga plus dicadangkan sekali.

Meski begitu, Asnawi mampu membayar kesalahannya itu dengan mencatatkan dua assist di laga ketiganya bersama Jeonnam melawan Seongnam FC.

Baca Juga:
Persija Jakarta Tancap Gas di Bursa Transfer, Duo Nama Baru Resmi Diamankan

2. Elkan Baggott

Bek keturunan andalan Timnas Indonesia ini mendapat banyak kesempatan bermain bersama klubnya di Inggris, Cheltenham. Meski dipinjamkan, ia cukup mendapat menit bermain.

Dipinjamkan oleh Ipswich Town, Elkan Baggott total mencatatkan 30 penampilan buat Ipswich Town dan Cheltenham dengan torehan tiga gol.

Baca Juga:
Rio Fahmi, Pemain Muda Terbaik Liga 1 2022-2023 yang Pernah Dicoret Shin Tae-yong

3. Marselino Ferdinan

Selanjutnya ada pemain muda Indonesia yang baru saja bergabung dengan klub kasta kedua Belgia ini. Marselino belum terlalu mendapatkan kesempatan bersama KMSK Deinze.

Marselino tercatat baru tampil sebanyak tiga kali dengan hanya sekali turun sebagai starter. Meski begitu, Marselino diprediksi bisa berkembang.

Baca Juga:
Gabung Persija Jakarta, Rizky Ridho Reuni dengan Sang Idola

4. Jordi Amat

Jordi Amat bisa dibilang sebagai pemain abroad Indonesia yang statistiknya stabil sejauh ini. Bersama Johor Darul Takzim, Amat selalu tampil sebagai starter dalam delapan laga.

Bahkan Jordi Amat membawa JDT tampil luar biasa dengan belum terkalahkan di delapan laga dan baru satu kali kebobolan gol.

5. Saddil Ramdani

Sama seperti Jordi Amat, Saddil Ramdani juga tampil impresif di Liga Malaysia bersama Sabah FC. Saddil tampil sembilan kali di semua ajang dengan delapan kali menjadi starter.

Penampilan Saddil juga ciamik dengan mencatatkan tiga gol dan dua assist buat Sabah FC.

6. Sandy Walsh

Meski terkendala cedera musim ini, Sandy Walsh mampu mencatatkan 27 pertandingan yang semuanya menjadi starter buat K.V Mechelen dengan torehan tiga gol dan dua assist.

7. Shayne Pattynama

Pemain keturunan yang baru saja dinaturalisasi ini juga menjadi andalan klubnya di Norwegia, Viking FK, dengan mencatatkan tujuh penampilan dan torehan satu assist sejauh musim 2023 berjalan.

8. Bagus Kahfi, Pratama Arhan, Ronaldo Kwateh

Tercatat tiga pemain abroad Indonesia lainnya, Pratama Arhan bersama Tokyo Verdy, Bagus Kahfi di Asteras Tripolis, dan Ronaldo Kwateh di Bodrumspor belum mendapatkan kesempatan bermain musim ini.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More