Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia dalam laga melawan Burundi. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia berpeluang besar menghadapi sejumlah negara raksasa dalam babak pembagian fase penyisihan grup alias drawing di kejuaraan Piala Asia 2023.

Tercatat, setidaknya ada lima kontestan yang berstatus sebagai raksasa Asia di kejuaraan ini. Kelima tim ini sama-sama tergabung di pot satu alias tim unggulan pada PIala Asia 2023.

Melihat pembagian pot ini, Timnas Indonesia tentu sangat berpotensi tergabung satu grup dengan kontestan raksasa Asia ini pada babak drawing nanti.

Baca Juga:
Nganggur di Timnas Indonesia sampai Juni, Inilah 3 Kegiatan yang Bisa Dilakukan oleh Shin Tae-yong

Berikut Bolatimes.com menyajikan lima negara raksasa Asia yang berpeluang bergabung satu grup dengan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

1. Qatar

Kontestan Piala Asia 2023 pertama yang jadi unggulan ialah Timnas Qatar. Salah satu alasannya yakni karena mereka berstatus sebagai tuan rumah penyelenggara.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Elkan Baggott TIba di Indonesia untuk Gabung Timnas Indonesia U-22 Jelang SEA Games 2023, Benarkah?

Tak hanya itu saja, Qatar juga menyandang status sebagai juara bertahan karena sukses mengangkat trofi pada 2019. Qatar berpeluang bergabung satu grup dengan Indonesia di ajang ini.

2. Jepang

Timnas Jepang tentu menjadi salah satu negara raksasa Asia yang berpeluang besar tergabung satu grup dengan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Baca Juga:
Menu Latihan Bocor, Indra Sjafri akan Terapkan 'Tiki-Taka' dalam Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023?

Tentu saja, Jepang adalah salah satu negara terkuat di Asia. Selain karena duduk di peringkat 20 FIFA, Jepang juga sudah pernah empat kali menjuarai Piala Asia, yakni pada edisi 1992, 2000, 2004, dan 2011.

3. Iran 

Selanjutnya, negara kuat yang tergabung di pot keempat pada fase undian grup penyisihan Piala Asia 2023 ialah Iran. Negara ini berada di peringkat kedua Asia karena duduk di ranking 24 FIFA.

Baca Juga:
Harapan Erick Thohir usai Indonesia Lepas dari Sanksi Berat FIFA: Kibarkan Bendera Merah Putih di Mancanegara

Timnas Iran memang punya rekam jejak yang cukup mentereng di ajang ini. Sebab, mereka sudah tiga kali meraih juara di Piala Asia, yakni pada 1968, 1972, dan 1976.

4. Korea Selatan

Untuk saat ini, tak berlebihan jika menyebut Korea Selatan sebagai salah satu kekuatan tangguh di Asia. Sebab, mereka duduk di urutan ketiga Benua Kuning karena berada di ranking 27 FIFA.

Pada ajang Piala Asia, tim beralias Taeguk Warriors ini sudah tercatat 15 kali berpartisipasi. Bahkan, mereka juga pernah dua kali meraih gelar juara, yakni pada 1956 dan 1960.

5. Australia

Australia juga menjadi salah satu negara yang paling kuat di kawasan Asia. Meskipun berbeda benua, tetapi federasinya tergabung dengan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Tim berjulukan The Socceroos ini memang memiliki prestasi yang cukup mentereng. Sebab, saat ini mereka berada di peringkat ke-29 ranking FIFA. Mereka juga pernah menjuarai Piala Asia edisi 2015.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More