Rauhanda Riyantama
Shin Tae-yong mendapatkan buket saat melatih Timnas Indonesia jelang persiapan di FIFA Matchday (Instagram/shintaeyong7777)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong membocorkan soal nasibnya usai Piala Dunia U-20 batal digelar. Ia mengomentari terkait rumor yang menyebut bahwa dirinya bakal hengkang dari kursi pelatih skuat Garuda.

Sebagaimana diketahui, FIFA resmi mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pada Rabu (29/3/2023). Keputusan itu diambil tak lama setelah Ketua Umum PSSI Erick Thohir bertemu Presiden FIFA Gianni Infantino di Doha, Qatar.

Meski FIFA tak menjelaskan secara rinci, keputusan mereka disinyalir didasari oleh gelombang penolakan agar timnas Israel tidak tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga:
Sampaikan Surat Resmi FIFA, Erick Thohir Dapat Dua Instruksi dari Presiden Jokowi

Situasi ini membuat Timnas Indonesia U-20 hampir dipastikan gagal tampil di ajang akbar tersebut. Pasalnya, skuad Garuda Nusantara lolos bermodalkan status tuan rumah.

Sementara di Piala Asia U-20 2023 yang merupakan ajang kualifikasi anggota Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) untuk Piala Dunia U-20 2023, Indonesia gagal total.

Pasukan Shin Tae-yong harus terhenti di fase grup. Sementara syarat lolos ke Piala Dunia U-20 2023 adalah minimal melangkah hingga babak semifinal.

Baca Juga:
Sudah Bertemu, Ketum PSSI Ungkap Pesan Presiden Jokowi usai Indonesia Dicoret FIFA

Jika mundur jauh ke belakang, Piala Dunia U-20 merupakan misi besar yang diamanatkan PSSI ketika merekrutnya sebagai pelatih tim nasional pada akhir 2019 lalu.

"Target objektifnya adalah mempersiapkan timnas Indonesia yang akan tampil di Piala Dunia U20 pada tahun 2021, di mana Indonesia menjadi tuan rumah," kata Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI saat itu.

Setelah Timnas Indonesia U-20 batal tampil, nasib Shin Tae-yong sebagai pelatih pun menjadi tanda tanya. Apalagi, kontraknya bakal segera berakhir tahun ini.

Baca Juga:
Punya Nama Besar, Berikut 4 Pelatih yang Jadi Korban Pemecatan pada Maret 2023

"Jujur saya belum bisa menjawabnya karena belum ada pembicaraan tentang perpanjang kontrak," kata Shin Tae-yong kepada awak media di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (30/3/2023).

Terkini, Shin Tae-yong mencoba berdamai dengan kenyataan pahit. Dia langsung mengalihkan fokus mempersiapkan Timnas Indonesia level senior untuk menghadapi berbagai agenda ke depan dengan terdekat adalah FIFA Matchday bulan Juni.

"Ada FIFA Matchday di bulan Juni dan Piala Asia mendatang," pungkas Shin Tae-yong.

Baca Juga:
Menilik Kans Indonesia Terhindar dari Sanksi FIFA, Apakah Bisa Tetap Aman?

Load More