Rauhanda Riyantama
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dalam laga melawan Burundi. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, tiba-tiba tak terlihat batang hidungnya setelah status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 dicabut FIFA. Kode bakal hengkang?

Belakangan topik dicabutnya status tuan rumah Indonesia menjadi perbincangan hangat di berbagai pihak, terutama pecinta sepak bola Tanah Air.

Status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 sendiri dicabut oleh FIFA, Rabu (29/3), karena kondisi terkini di Tanah Air.

Baca Juga:
Argentina Diklaim Gantikan Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Beredar kabar bahwa pencabutan ini utamanya dikarenakan penolakan masif yang datang dari masyarakat dan pemerintah daerah terhadap kedatangan Israel.

Sebagai informasi, Israel sendiri merupakan salah satu kontestan Piala Dunia U-20 2023, usai menjadi Runner Up Euro U-19 2022 lalu.

Karena Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 yang kurang dari dua bulan lagi, maka Timnas Indonesia U-20 pun dipastikan tak akan berpartisipasi di ajang tersebut.

Baca Juga:
Rangkuman Kekecewaan Pemain Timnas Indonesia U-20 usai Piala Dunia U-20 Batal Digelar

Timnas Indonesia U-20 sendiri bisa tampil di ajang ini karena status tuan rumah. Namun pencabutan status itu membuat mimpi Hokky Caraka dkk tampil di Piala Dunia U-20 2023 sirna.

Tak pelak, para pemain Timnas Indonesia U-20 pun kecewa bukan kepalang. Apalagi, mereka telah mempersiapkan diri sejak lama.

Kekecewaan ini pun disebut-sebut juga menerpa sang pelatih, Shin Tae-yong. Bahkan, belakangan ia terlihat menghilang dari pandangan yang membuat kode dirinya hengkang pun muncul.

Baca Juga:
Garuda Select Kalahkan 5 Tim Inggris, Netizen: Jangan Pulang ke Indonesia!

Tak Terlihat Bersama Timnas Indonesia U-20

Shin Tae-yong sama sekali tak terlihat batang hidungnya baik dalam unggahan foto maupun video yang dirilis PSSI setelah Piala Dunia U-20 2023 batal digelar di Indonesia.

Usai kepastian Indonesia batal menggelar ajang ini, PSSI pun mengunggah foto dan video para pemain Timnas Indonesia U-20 yang kecewa dan bersedih.

Baca Juga:
Sepak Bola Kongo Dirusak Elit Politik demi Popularitas, Indonesia Bakal Menyusul?

Dalam foto dan video yang diunggah, terlihat hanya ada Nova Arianto beserta asisten pelatih lainnya dan penerjemah Shin Tae-yong, Jeong Seok-seo atau biasa disapa Jeje.

Dalam foto dan video itu, tak terlihat wajah Shin Tae-yong sama sekali, yang melahirkan asumsi bahwa ia akan hengkang dari jabatannya sebagai pelatih.

Apalagi, belum lama ini pelatih berusia 52 tahun itu menegaskan dirinya sudah mempersiapkan Timnas Indonesia U-20 sejak beberapa tahun lalu.

Sehingga pernyataan itu dianggap sebagai tanda dirinya kecewa andai Indonesia dipastikan batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Apa yang jadi ketakutan Shin Tae-yong itu pun kemudian menjadi kenyataan seiring adanya rilis resmi dari FIFA terkait pencabutan status tuan rumah.

Bakal hengkangnya Shin Tae-yong pun berpotensi besar, mengingat kontraknya juga akan berakhir pada Desember 2023 mendatang.

Hingga saat ini, belum adanya pembicaraan kontrak baru dengan PSSI. Apalagi dengan rentetan masalah yang ia miliki sejak menukangi Timnas Indonesia pada Desember 2019 lalu.

Bisa jadi, pencabutan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 menjadi puncak masalah yang bisa membuat Shin Tae-yong angkat kaki.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More