Rauhanda Riyantama
Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali. [ANTARA FOTO/Aprillio Akbar]

Bolatimes.com - Kanal YouTube Timnas Space kembali menggiring opini liar perihal Waketum PSSI, Zainudin Amali yang disebut mengaku siap mundur dari jabatan jika Israel diperbolehkan bermain di Piala Dunia U-20 2023.

Lewat video yang diunggah pada Minggu (12/3/2023) kanal YouTube Timnas Space membenturkan isu Israel di Piala Dunia U-20 2023 dengan status Zainudin Amali.

Memuat judul 'Memanas! Penolakan Israel di Piala U-20 Makin Gencar-Zainudin Amali Resmi Mengundurkan Diri', kanal YouTube tersebut sebenarnya menjelaskan beberapa poin.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1: Gulung Bhayangkara FC 3-1, PSM Makassar kian Kokoh di Puncak Klasemen Musim 2022/2023

Mulai dari pendapat Fachri Husaini perihal rencana PSSI ingin menggulirkan kompetisi usia muda, kemudian sikap sejumlah partai politik di Indonesia perihal Israel.

Yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, komentar Hidayat Nur Wahid selaku Wakil Ketum MPR RI dari PKS disertakan.

Barulah menjelaskan perihal pengunduran diri Zainudin Amali, yang ternyata bukan mundur dari kursi jabatan Waketum PSSI.

Baca Juga:
Barnabas Sobor Diincar Klub Liga Lithuania, Media Vietnam Sinis

Melainkan mundur dari jabatan sebelumnya, yakni sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia.

PENJELASAN

Baca Juga:
Dipanggil TC Timnas Indonesia U-20, Proses Naturalisasi 3 Pemain Keturunan Ini Rampung sebelum Piala Dunia U-20?

Penolakan terhadap timnas Israel U-20 berlaga di Piala Dunia U-20 2023 memang mencuat, khususnya dari elemen organisasi masyarakat.

Jika merujuk pada penjelasan Timnas Space dari pendapat Hidayat Nur Wahid, benar adanya PSK bersikap menolak terhadap kehadiran timnas Israel.

Dengan dalih pemerintah Indonesia konsisten membela Palestina, penolakan juga datang dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Baca Juga:
Gacor di Klub, 3 Pemain Ini Layak Jadi Starter saat Timnas Indonesia Hadapi Burundi

Alasannya pun sama, tegas bersikap untuk tetap membela Palestina yang tengah dijajah Israel berdasarkan amanah UUD 1945.

Sementara itu, pengunduran diri Zainudin Amali dari jabatan Menpora tidak ada hubungannya dengan penolakan Israel di Piala Dunia U-20 2023.

Zainudin Amali ingin fokus di PSSI dengan jabatan barunya sebagai Wakil Ketua Umum, selain itu ia juga sudah meminta restu kepada Presiden Joko Widodo.

KESIMPULAN

Judul yang dipakai Timnas Space dalam mengabarkan beberapa informasi terbilang rancu karena bisa menimbulkan persepsi berbeda terhadap pembaca.

Informasi yang diberikan Timnas Space terkait penolakan Israel benar adanya, begitu pula dengan pengunduran diri Zainudin Amali.

Namun membenturkan keduanya lewat sebuah judul yang rancu bisa berakibat fatal dan percobaan pengiringan narasi jahat.

Kontributor: Eko
Load More