Irwan Febri Rialdi
Cek fakta PSSI cabut KTP pemain keturunan. (YouTube/Delan Channel)

Bolatimes.com - Narasi mengejutkan dibagikan kanal YouTube DELAN Channel yang menyebut Kartu Tanda Penduduk (KTP) para pemain naturalisasi dicabut PSSI.

DELAN Channel menggiring opini jika PSSI telah mencabut KTP para pemain naturalisasi, lewat sebuah video berdurasi 3 menit 11 detik.

Tak hanya itu, kanal YouTube DELAN Channel juga mengklaim jika tim nasional Indonesia tidak akan lagi diperkuat para pemain naturalisasi.

Baca Juga:
Dirtek PSSI Beri Tanggapan Soal Kabar Uji Coba Lawan Kenya dan Burundi, Belum Fix?

Video berjudul 'PSSI CABUT KTP PEMAIN NATURALISASI! TIMNAS TAK LAGI DIPERKUAT PEMAIN KETURUNAN' yang diunggah pada Kamis (9/3/2023) saat ini sudah dilihat lebih dari 6 ribu kali.

Berdasarkan wacana dari Ketum PSSI, Erick Thohir terkait pembatasan pemain naturalisasi di level klub Liga 1 yang memang tengah hangat diperbincangkan.

Wacana itu muncul setelah digelarnya sarasehan sepak bola antara Erick Thohir selaku Ketum PSSI baru terpilih bersama perwakilan klub Liga 1 dan Liga 2.

Baca Juga:
Media Vietnam Sebut Shin Tae-yong Punya Rencana Berkualitas usai Timnas Indonesia Tersingkir dari Piala Asia U-20 2023

PENJELASAN

Kanal YouTube DELLAN Channel dalam video yang diunggahnya hanya menjelaskan mengenai wacana pembatasan pemain naturalisasi di Liga 1 oleh PSSI.

Tidak menjelaskan pencabutan KTP para pemain naturalisasi oleh PSSI, bahkan menyebut jika para pemain tersebut tidak akan memperkuat timnas lagi.

Baca Juga:
Hitung-hitungan, PSM Makassar Butuh Berapa Kemenangan Lagi untuk Juara BRI Liga 1 2022/2023?

Dengan opini liarnya menginformasikan bahwa para pemain tersebut akan keluar dari Indonesia karena pembatasan tersebut.

Atas dasar opininya itu, DELLAN Channel merasa para pemain tidak akan bisa memperkuat timnas karena merasa didiskriminasi disamping performa kurang.

Meskipun disertakan beberapa komentar dari para pemain naturalisasi yang merasa kecewa dengan wacana pembatasan pemain naturalisasi di Liga 1.

Baca Juga:
Gagal ke Perempat Final Liga Champions 2022/2023, Lionel Messi justru Dapat Tawaran Main Film Animasi

Anggota Komite Eksekutif (Exco), Arya Sinulingga menegaskan bahwa pembatasan pemain naturalisasi di level klub masih berupa wacana.

Berdasarkan usulan dari klub-klub di Liga 1 dan Liga 2, wacana ini masih akan melalui pembahasan lebih lanjut oleh PSSI lewat rapat Exco.

"Itu masih usulan dari klub-klub Liga 1 dan Liga 2 yang nantinya akan dibahas dan diputuskan oleh PSSI lewat rapat Exco." ucap Arya Sinulingga.

KESIMPULAN

Narasi PSSI mencabut KTP pemain naturalisasi tidak bisa dibuktikan, informasi yang dibagikan DELLAN Channel termasuk dalam kategori hoaks.

Di samping PSSI tidak memiliki kewenangan mencabut KTP dari warga negara Indonesia, selain itu klaim para pemain naturalisasi akan meninggalkan Indonesia juga belum bisa dibuktikan.

Jika hanya berdasarkan wacana pembatasan pemain naturalisasi di Liga 1 dan Liga 2, mengingat hal itu masih dalam tahap proses pembicaraan.

Dan jika regulasi telah dibuat, belum tentu para pemain tersebut akan meninggalkan Indonesia dan tidak akan memperkuat tim nasional.

Kontributor: Eko
Load More