Irwan Febri Rialdi
Cek fakta PSSI kirim full skuat naturalisasi ke Piala Asia. (YouTube/@DELAN Channel)

Bolatimes.com - Salah satu kanal YouTube yang membahas soal sepak bola, DELAN Channel, mengunggah video yang mengklaim bahwa PSSI mengirimkan skuad full pemain naturalisasi di Piala Asia U-20 2023.

Dalam narasi video tersebut, YouTube DELAN Channel menjelaskan tentang laga Timnas Indonesia U-20 vs Irak di Grup A Piala Asia U-20 2023.

Di laga tersebut, skuad Garuda Nusantara kalah dengan skor 0-2. Lantas, DELAN Channel menjadikan kekalahan itu sebagai dasar bahwa PSSI bakal membawa skuad full pemain naturalisasi di Piala Asia U-20 2023.

Disebutkan bahwa Timnas Indonesia U-20 butuh pemain naturalisasi karena perlu menambah kekuatan demi bisa bersaing dengan negara lain.

“AKHIRNYA TERWUJUD!! PSSI KIRIM FULL SKUAD NATURALISASI DI PIALA ASIA | TIMNAS MAKIN DITAKUTI,” berikut judul yang digunakan oleh DELAN Channel.

Penjelasan

Shin Tae-yong sendiri sudah membawa 23 pemain untuk Timnas Indonesia U-20 bertanding di Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan. 

Dari nama-nama pemain yang dipanggil, tidak ada pemain naturalisasi di dalam. Hanya ada dua pemain keturunan di dalam skuad tersebut yaitu Ronaldo Kwateh dan Hugo Samir.

Memang benar sebelum Timnas U-20 berkumpul, sempat tersiar kabar bahwa pemain-pemain keturunan lainnya bakal dinaturalisasi.

Namun hingga gelaran Piala Asia U-20 2023 berjalan, proses naturalisasi tiga pemain yang diproyeksikan yaitu Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick tak kunjung rampung.

Kalaupun proses naturalisasi mereka rampung, Shin Tae-yong tak mungkin lagi menambah pemain ke dalam skuad Timnas Indonesia U-20 yang sudah bertanding.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, maka judul yang digunakan oleh kanal YouTube DELAN Channel  itu tidak sesuai dengan fakta yang terjadi.

Sebab, tidak ada satupun pemain naturalisasi yang dibawa oleh Shin Tae-yong ke dalam skuad Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023.

Informasi yang diedarkan oleh DELAN Channel melalui judul video tersebut juga termasuk dalam kategori hoaks.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More