Irwan Febri Rialdi
Benarkah Timnas Indonesia U-20 mengalahkan Uzbekistan 1-0? (YouTube/Dafa Bola)

Bolatimes.com - Kanal YouTube Dafa Bola menggunggah sebuah video yang menyebut bahwa Timnas Indonesia U-20 meraih kemenangan 1-0 atas Uzbekistan pada laga terakhir Grup A Piala Asia U-20 2023

Dalam narasi video tersebut, kanal YouTube Dafa Bola memberikan judul yang fantastis, yakni Timnas Indonesia U-20 sukses menang dramatis atas Uzbekistan di Piala Asia U-20 2023.

“BERLANGSUNG DRAMATIS TADI MALAM – INDONESIA VS UZBEKISTAN. LAGA HIDUP MATI TIMNAS INDONESIA,” bunyi judul dari video yang diunggah kanal YouTube Dafa Bola.

Baca Juga:
Neymar Absen sampai 4 Bulan, PSG Pusing?

Menariknya, dari pantauan Bolatimes.com hingga Selasa (7/3/2023), video tersebut sudah disaksikan lebih dari 250 ribu kali.

Kanal YouTube tersebut juga menyebutkan bahwa Timnas Indonesia dipastikan lolos ke perempat final Piala Asia U-20 2023 setelah menumbangkan Uzbekistan dengan skor 1-0.

“Berlangsung dramatis, Indonesia lolos usai permalukan Uzbekistan,” bunyi keterangan dalam sampul video di kanal YouTube Dafa Bola tersebut.

Baca Juga:
Gacor Cetak Gol Lagi Bersama Sabah FC, Ini Kata Saddil Ramdani

PENJELASAN

Sebetulnya, pertandingan antara Timnas Indonesia U-20 vs Uzbekistan U-20 pada laga pamungkas Grup A Piala Asia U-20 2023 belum diselenggarakan.

Sebab, menurut jadwal, duel ini baru bakal digelar pada Selasa (7/3/2023) pukul 21.00 WIB. Namun, video yang diunggah Dafa Bola itu sudah tayang sejak Senin (6/3/2023).

Baca Juga:
Mutellip Iminqari Pesepak Bola Suku Uighur yang Bawa Cina Kalahkan Arab Saudi

Jika melihat tayangan videonya, pertandingan yang diunggah pun tidak memperlihatkan pertandingan antara Timnas Indonesia U-20 dan Uzbekistan.

Pasalnya, para pemain yang bertanding pun tidak terlalu jelas karena videonya terlihat buram. Namun, bisa dipastikan laga tersebut bukanlah duel pemain Timnas Indonesia U-20 vs Uzbekistan.

KESIMPULAN

Baca Juga:
Piala Asia U-20 2023: Uzbekistan Siapkan 'Senjata' Khusus Lawan Timnas Indonesia U-20

Berdasarkan penjelasan di atas, maka judul yang digunakan oleh kanal YouTube Dafa Bola itu tidak sesuai dengan fakta yang terjadi.

Pasalnya, pertandingan antara Timnas Indonesia U-20 vs Uzbekistan U-20 belum diselenggarakan. Karena jika merujuk jadwalnya, duel itu baru akan bergulir pada Selasa (7/3/2023) malam hari WIB.

Dengan kata lain, informasi yang diedarkan oleh Dafa Fasya melalui judul video tersebut termasuk dalam kategori disinformasi dan hoaks karena tidak sesuai dengan fakta.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More