Irwan Febri Rialdi
Luis Milla mulai memimpin latihan Persib Bandung pada Kamis (1/9/2022). (Dok. Liga Indonesia Baru)

Bolatimes.com - Shin Tae-yong dan Luis Milla kerap jadi perbandingan karena status mereka sebagai pelatih dan mantan pelatih Timnas Indonesia.

Milla semakin mendapat sorotan setelah kembali ke Indonesia untuk menjadi pelatih Persib Bandung pada September 2022. Ini menjadi kali pertama buat Milla melatih tim Liga 1.

Meski begitu, Milla bukan sosok yang asing di sepak bola Indonesia. Pelatih asal Spanyol tersebut sempat menjadi juru taktik Timnas Indonesia dari 2017-2018.

Selama menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia dan Timnas U-23, Milla dinilai bisa merevolusi karakter dan cara bermain skuad Garuda.

Akan tetapi, Milla gagal mempersembahkan satu pun gelar juara. Pencapaian terbaik Milla adalah medali perunggu SEA Games 2017.

Kini, statistik Milla nyatanya sekarang mengkilap saat melatih Persib Bandung. Ia mampu membawa Maung Bandung tak terkalahkan dalam 14 pertandingan beruntun.

Torehan itu membuat Luis Milla mengukir rekor baru sejak era Liga 1 digelar tahun 2017. Pelatih asal Spanyol itu menjadi pelatih pertama yang mampu mengukir catatan 14 laga tanpa kalah bersama sebuah tim dalam satu musim kompetisi. 

Luis Milla juga menjadi pelatih asing pertama yang mengukir 14 laga tanpa kalah di Liga 1, mengalahkan Eduardo Almeida 13 laga tanpa kalah di Liga 1 2021/22.

Catatan 14 laga tanpa kalah Persib bersama Luis Milla membuat Maung Bandung terbang tinggi. Persib melesat dari peringkat ke-13 ke posisi satu klasemen sejak ditangani Luis Milla. 

Selain itu, Persib Bandung juga tampil begitu tajam sejak dilatih oleh Milla dengan berhasil mencetak 27 gol dari 14 pertandingan terakhir dan hanya sembilan kali kebobolan.

Rekor positif dan penampilan impresif Persib di bawah arahan Luis Milla semakin membuat publik sepak bola Tanah Air membandingkannya dengan Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong hingga kini gagal memberi prestasi nyata buat Timnas Indonesia. Catatan terbaiknya adalah menjadi runner-up Piala AFF 2020 dan medali perunggu SEA Games 2021.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More