Muhammad Ilham Baktora
Zico Soree saat bermain untuk Timnas Indonesia U-20 (Instagram/@zicojs_)

Bolatimes.com - Indonesia memiliki pemain keturunan yang tersebar di sejumlah negara. Potensi itu dimanfaatkan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong untuk memboyong pemain muda ke Indonesia dan menjalani proses naturalisasi.

Terdapat dua nama yang sudah diajukan pelatih asal Korea Selatan untuk melalui proses naturalisasi. Dua nama tersebut adalah Rafael Struick dan Zico Soree.

Shin Tae-yong tak hanya menukangi timnas senior saja. Mantan pelatih Timnas Korsel itu juga menjadi juru taktik di Timnas U-20. Sehingga dirinya butuh pemain pelapis yang mumpuni untuk menjuarai kompetisi yang diikuti skuad Garuda.

Baca Juga:
Ini Jadwal Resmi Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Tak Ada yang Main Malam saat Tampil di Kandang

Lebih lanjut, Rafael Struick dan Zico Soree diajukan mengingat kedua nama sebelumnya, Ivar Jenner dan Justin Hubner sudah lebih dulu melalui proses tahap awal. Keempat nama itu akan disiapkan untuk kompetisi Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

Menyusul dengan pengajuan tersebut, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengaku sudah menerima pengajuannya. Ia tetap mendukung keinginan Shin Tae-yong untuk sepak bola Indonesia.

Pemain keturunan, Rafael Struick dan Zico Soree yang gabung TC timnas Indonesia U-20. (Twitter/@FT_IDN)

"Kalau soal itu [Rafael Struick dan Zico Soree] sudah mengajukan ke kami. Tentunya apa yang ditentukan oleh pelatih, kami harus akomodir," kata pria yang akra disapa Iwan Bule ini dikutip dari Suara.com, Kamis (15/12/2022).

Baca Juga:
Maroko Gagal ke Final Piala Dunia 2022, Walid Regragui Sampaikan Pesan Bijak

Rafael Struick dan Zico Soree sudah diuji coba Shin Tae-yong dalam beberapa laga. Keduanya bermain di Spanyol termasuk mengikuti TC.

Sementara Ivar Jenner dan Justin Hubner sudah menjalani tes wawancara dengan BIN dan tes kesehatan. Tak hanya mereka berempat, ada lagi nama-nama yang disasar oleh Shin Tae-yong yang akan dilihat dulu kemampuannya. Meski begitu Iwan Bule belum mau membocorkan nama itu.

"Dalam beberapa waktu ke depan, ada calon naturalisasi akan datang untuk dilihat kembali oleh Shin Tae-yong bagaimana performanya," kata Iwan.

Baca Juga:
Usai Bantai Maladewa, Kapten Malaysia Sesumbar Bisa Saingi Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Bukan tanpa alasan Timnas memanggil dan berusaha melakukan proses naturalisasi. Hal itu bertujuan menambah daya gedor Timnas Indonesia U-20 yang akan melakoni pertandingan bergengsi di Piala Dunia U-20 2023.

Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Kegiatan akan dimulai pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Load More