Irwan Febri Rialdi
Egy Maulana Vikri saat membela Timnas Indonesia. (Instagram/fk_senica)

Bolatimes.com - Mengenang momen Timnas Indonesia membantai Taiwan dengan skor 3-0 seiring kekalahan yang diderita Thailand dalam laga uji coba melawan kontra wakil Asia Timur itu.

Thailand harus mendapati hasil buruk dalam persiapannya jelang Piala AFF 2022 saat melakoni laga uji coba kontra Taiwan, Rabu (14/12).

Dalam pertandingan yang berlangsung di Thammasat Stadium itu, Thailand harus menyerah dengan skor 0-1 dari Taiwan.

Bertanding di hadapan pendukungnya sendiri, tim berjuluk Gajah Perang itu mampu tampil dominan atas Taiwan dengan menguasai pertandingan.

Namun penguasaan bola sebanyak 75 persen dan 25 tembakan yang dilepaskan itu tak membuat Thailand berhasil menjebol gawang lawannya.

Malahan, anak asuh Alexandre Polking harus menerima kenyataan tumbang dari Taiwan setelah Chen Jui-chieh mencetak gol di menit ke-72 lewat serangan balik cepat.

Kekalahan ini pun menjadi noda hitam bagi Thailand. Pasalnya, secara kualitas Taiwan berada di bawah Gajah Perang.

Di ranking FIFA saja, Taiwan yang duduk di peringkat ke-157, berada jauh di bawah Thailand yang menempati peringkat ke-111.

Tak pelak, kekalahan ini pun menjadi alarm bagi Alexandre Polking yang berambisi mempertahankan gelar di Piala AFF 2022 meski merombak skuadnya secara penuh.

Di balik kekalahan memalukan ini, Thailand tampaknya harus mencoba belajar ke Timnas Indonesia yang bisa unggul atas Taiwan.

Tak tanggung-tanggung, Timnas Indonesia arahan Shin Tae-yong mampu membekuk Taiwan dengan skor 3-0 di ajang resmi.

Bagaimana kisahnya dan siapa saja pahlawan kemenangan Timnas Indonesia atas Taiwan itu? Berikut rangkumannya.

Pembantaian di Ajang Resmi

Sebelum menghadapi Thailand, Taiwan sempat menghadapi tim Asia Tenggara lainnya, yakni Timnas Indonesia pada 2021 silam.

Pertemuan dengan Timnas Indonesia terjadi di Playoff Kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung dengan format dua leg.

Dalam laga yang dihelat di Thailand tersebut, Timnas Indonesia mampu menang dengan agregat 5-1, sehingga berhak lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023 yang digelar Juni lalu.

Di dua pertandingan itu, tim Merah Putih mampu meraih kemenangan 3-0 di leg pertama dan menang 2-1 di leg kedua.

Di leg pertama yang digelar di Chang Arena, Timnas Indonesia mampu tampil dominan dan menang 3-0 atas lawannya tersebut.

Adapun tiga gol skuad Garuda kala itu dicetak masing-masing oleh Egy Maulana Vikri di menit ke-27, Ricky Kambuaya di menit ke-55, dan Witan Sulaeman di menit ke-90+3.

Kemenangan 3-0 ini pun menjadi modal berharga bagi Timnas Indonesia di leg kedua, yang juga berhasil meraih kemenangan 2-1 atas Taiwan lewat gol Ramai Rumakiek dan Evan Dimas.

Hebatnya, Timnas Indonesia mampu meraih kemenangan 3-0 di leg pertama kontra Taiwan saat melakoni laga keempat Shin Tae-yong.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More