Irwan Febri Rialdi
Potret selebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)

Bolatimes.com - Ada cukup banyak pemain keturunan Indonesia yang tersebar di berbagai kompetisi di dunia, termasuk Eropa. Namun dulu, tidak banyak pemain keturunan yang menyatakan keinginannya ingin membela Timnas Indonesia.

Hal berbeda kini terjadi. Banyak pemain keturunan yang disebut ingin dinaturalisasi untuk membela timnas. Hal ini sempat diutarakan oleh Menpora Zainudin Amali.

Ada beberapa faktor yang membuat banyak pemain keturunan ingin membela Indonesia. Di antaranya adalah keikutsertaan Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia 2023.

Sejumlah pemain keturunan pun sempat dicoba untuk dinaturalisasi, namun disebut tak cocok oleh Shin Tae-yong. Nah, sosok Shin Tae-yong juga disebut menjadi faktor berikutnya banyak pemain keturunan ingin membela Timnas Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh anggota PSSI yang mengurusi naturalisasi, Hamdan Hamedan. Hamdan mengatakan, beberapa pemain keturunan saat ini tertarik membela Timnas Indonesia karena melihat progres yang dicapai bersama Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong yang sudah menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia sejak 2019 lalu, perlahan dengan pasti mengangkat performa skuad Merah Putih.

Bahkan tak cuma timnas senior, Shin Tae-yong juga mengurusi dan membuat progres di Timnas Indonesia U-19 dan Timnas Indonesia U-23.

Kemudian Shin Tae-yong yang berhasil membawa Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023, juga disebut menjadi faktor berikutnya yang menarik minat para pemain keturunan.

Indonesia lolos putaran final Piala Asia 2023 setelah berhasil masuk lima runner up terbaik di kualifikasi. Hasil itu didapat usai mengalahkan Kuwait 2-1, kalah dari Yordania 0-1, dan menggilas Nepal tujuh gol tanpa balas.

Ini menjadi kali pertama Indonesia lolos ke Piala Asia sejak terakhir kali mentas pada 2007. Itu pun Indonesia berstatus sebagai tuan rumah bersama.

Faktor berikutnya adalah kehadiran Sandy Walsh dan Jordi Amat yang resmi menjadi pemain naturalisasi dan berpotensi membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 dan Piala Asia 2023.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More