Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Gelandang Timnas Indonesia, Rachmat Irianto, dalam pertandingan melawan Curacao, Selasa (27/9/2022). (dok. PSSI)

Bolatimes.com - Gelandang Timnas Indonesia, Rachmat Irianto alias Rian, buka suara soal lawan terberat skuat Garuda di Grup A Piala AFF 2022. Ternyata tidak hanya Thailand.

Timnas Indonesia berada satu grup dengan Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam. Di atas kertas memang Thailand akan menjadi pesaing terberat tim Merah Putih.

Thailand dan Timnas Indonesia diyakini bakal menjadi tim yang lolos dari Grup A. Namun, eks pemain Persebaya Surabaya itu punya pemikiran lain karena Filipina dan Kamboja termasuk Brunei Darussalam berpotensi menghadirkan kejutan.

"Patut diwaspadai semua karena setiap tim mempunyai motivasi sendiri-sendiri. Jadi tidak boleh meremehkan dan tetap berjuang sampai akhir," kata Rian dalam keterangan yang diterima Suara.com.

Rian berharap langkah Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 bisa berjalan mulus yang dimulai dari fase grup. Target juara pun diusung oleh pemain yang identik dengan nomor punggung 13.

Rian menjelaskan bahwa seluruh pemain yang ada di dalam tim punya tekad dan target yang sama. Oleh karena itulah tim asuhan Shin Tae-yong bakal habis-habisan.

"(Target) jelas juara. Dari saya sendiri, juara," tegas Rachmat Irianto.

Piala AFF 2022 dijadwalkan berlangsung mulai 20 Desember mendatang sampai 16 Januari 2023. Kamboja akan jadi lawan perdana yang dihadapi Skuad Garuda pada 23 Desember.

Setelah itu Rian dan kawan-kawan melawan Brunei Darussalam pada 26 Desember, lalu menjamu Thailand (29/12/2022) dan ditutup dengan laga tandang ke markas Filipina pada 2 Januari 2023.

Sepanjang perjalanannya Timnas Indonesia belum pernah menjadi juara. Prestasi terbaiknya adalah runner-up meski sudah enam kali menjadi finalis.

Load More