Husna Rahmayunita
Pesepak bola Timnas Indonesia Witan Sulaeman berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Timor Leste dalam laga lanjutan Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Selasa (10/5/2022). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tentu saja memiliki keuntungan tersendiri di Piala AFF 2022 karena memiliki sejumlah pemain andalan yang punya kemampuan multi-posisi.

Sebab, pemain-pemain yang bisa bermain di sejumlah posisi ini bisa memudahkan Shin Tae-yong ketika meramu taktik dan strategi untuk timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Pemain-pemain ini bisa juga menggantikan peran pemain lainnya yang cedera. Artinya, mereka bisa dipasang di mana saja sesuai dengan kebutuhan skuad Garuda pada Piala AFF 2022.

Setidaknya, kemampuan ini sudah terbukti ketika Shin Tae-yong secara mengejutkan memasang pemain-pemain tersebut di posisi yang bukan naturalnya.

Berikut Bolatimes.com menyajikan deretan nama pemain timnas Indonesia yang bisa memainkan peran multi-posisi di Piala AFF 2022.

1. Rachmat Irianto

Gelandang Timnas Indonesia, Rachmat Irianto, dalam pertandingan melawan Curacao, Selasa (27/9/2022). (dok. PSSI)

Dari sekian nama pemain yang dipanggil oleh Shin Tae-yong, Rachmat Irianto barangkali menjadi pemain yang paling bisa memainkan banyak posisi.

Saat masih muda, pemain asal Surabaya ini lebih banyak beroperasi sebagai bek tengah, terutama ketika memperkuat timnas Indonesia U-19.

Namun, seiring berjalannya waktu, Rian, sapaan akrabnya, mulai bisa memainkan peran lebih banyak. Dia juga pernah diplot sebagai gelandang bertahan.

Tak hanya itu, Shin Tae-yong juga pernah mengoperasikan pemain Persib Bandung ini sebagai wing back kanan, tepatnya pada Kualifikasi Piala Asia 2023.

2. Witan Sulaeman

Pemain Timnas Witan Sulaeman (kiri) merayakan gol yang dicetak rekannya, Dimas Drajad ke gawang Tim Nasional Curacao Shermaine Martina (kanan) dalam pertandingan 'FIFA Match Day' di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/9/2022). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp.

Gelandang muda andalan timnas Indonesia, Witan Sulaeman, juga berstatus sebagai pemain serbabisa untuk bermain di sejumlah posisi.

Kemampuan multi-posisi ini memang sudah terlihat ketika ia tampil bersama timnas Indonesia U-19. Witan bisa ditempatkan di sejumlah posisi.

Selain bermain di sektor sayap, baik itu kanan maupun kiri, Witan juga terampil untuk mengisi pos gelandang serang maupun sebagai penyerang bayangan.

Meskipun saat ini usianya baru menginjak 21 tahun, Witan sudah berhasil menyumbangkan enam gol dan tujuh assist dari total 20 penampilan internasionalnya bersama skuad Garuda.

3. Sandy Walsh 

Sandy Walsh saat berlatih bersama Timnas Indonesia (Instagram/sandywalsh)

Shin Tae-yong tampaknya bisa bernafas lega karena punya pemain yang bisa memainkan banyak posisi dalam diri Sandy Walsh.

Gelandang naturalisasi kelahiran Brussel, Belgia, ini memang bisa dipasang di sejumlah posisi. Biasanya, Sandy Walsh bermain di sektor bek kanan atau bisa juga wing back kanan.

Namun, apabila dibutuhkan, ia bisa juga bertugas untuk bermain sebagai gelandang tengah atau bek tengah, tergantung dengan kebutuhan.

Meskipun demikian, akhir-akhir ini Sandy lebih dipercaya untuk memainkan posisi bek kanan bersama KV Mechelen di ajang Jupiler Pro League alias Liga Belgia.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More