Irwan Febri Rialdi
Gelandang Timnas Indonesia, Rachmat Irianto, dalam pertandingan melawan Curacao, Selasa (27/9/2022). (dok. PSSI)

Bolatimes.com - Berikut deretan debutan Timnas Indonesia di era kepelatihan Shin Tae-yong yang mampu tampil moncer hingga menjadi andalan skuad Garuda.

Shin Tae-yong sudah melatih Timnas Indonesia tercatat sejak akhir tahun 2019 silam. Hingga saat ini, dua tahun sudah dirinya menukangi tim Merah Putih di ajang-ajang internasional.

Dalam dua tahun masa kepelatihannya itu, juru taktik berusia 52 tahun tersebut kerap memberikan debut bagi sederet pemain.

Debut ini kebanyakan diberikan kepada para pemain muda sebagai langkah regenerasi di skuad Timnas Indonesia sepeninggal Simon McMenemy.

Sebagaimana diketahui, sejak dahulu Timnas Indonesia lebih banyak menunjuk para pemain senior yang tergolong telah berumur.

Namun Shin Tae-yong membuat gebrakan dengan menggunakan para pemain muda di Timnas Indonesia senior agar regenerasi berjalan lancar.

Regenerasi ini dimaksudkan Shin Tae-yong agar Timnas Indonesia di masa depan bisa memiliki fondasi yang kuat di skuadnya

Berbicara soal debutan, sejak pertama kali melatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong telah memberikan debut kepada beberapa pemain.

Tak disangka, para pemain yang ia beri debut di Timnas Indonesia ini justru tampil moncer dan bahkan menjadi andalan skuad Garuda dan Shin Tae-yong.

Siapa saja para pemain yang diberi debut oleh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia dan mampu menjad andalan skuad Garuda saat ini? Berikut daftarnya.

1. Witan Sulaeman

Witan Sulaeman merupakan pemain muda berbakat yang kini menjadi andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Siapa sangka, Witan sendiri menjalani debutnya bersama Timnas Indonesia senior di era pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Sejak Shin Tae-yong memberinya debut pada 29 Mei 2021 lalu, Witan telah tampil sebanyak 20 kali bagi Timnas Indonesia dan mencetak enam gol.

2. Pratama Arhan

Selan Witan, pemain muda lainnya yang diberi debut di Timnas Indonesia adalah Pratama Arhan. Ia mendapatkan debutnya di tim nasional di usia 19 tahun.

Debut itu didapatkannya bersamaan dengan Witan, yakni pada 29 Mei 2021. Sejak saat itu, Arhan telah tampil sebanyak 22 kali bagi Timnas Indonesia.

Dalam 22 penampilan itu, Arhan mampu melesakkan tiga gol dan enam assist, yang membuat namanya melejit hingga dilirik tim Jepang, Tokyo Verdy.

3. Ricky Kambuaya

Sebelum kedatangan Shin Tae-yong, tak ada yang mengenal nama Ricky Kambuaya. Namun, semua berubah saat dirinya dipanggil eks pelatih Timnas Korea Selatan itu ke Timnas Indonesia.

Pemain yang kini membela Persib Bandung itu mendapat debutnya di Timnas Indonesia pada 8 Oktober 2021. Sejak saat itu, dirinya menjadi andalan di lini tengah.

Total 19 penampilan telah dibuat Ricky Kambuaya bagi Timnas Indonesia. Dari 19 penampilan itu, ia mampu menyumbangkan lima gol.

4. Rachmat Irianto

Rekan setim Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, mengikuti jejak sang ayah dengan membela Timnas Indonesia saat diberi debut oleh Shin Tae-yong.

Debut Rachmat Irianto bersama Timnas Indonesia sendiri didapatkan pada 3 Juni 2021 lalu. Sejak saat itu, dirinya telah tampil sebanyak 22 laga.

Satu hal yang paling membuat Rachmat Irianto dipercaya oleh Shin Tae-yong adalah kemampuannya menempati beragam posisi, baik dari gelandang, Wing Back kanan, hingga bek tengah.

5. Nadeo Argawinata

Sebelum kedatangan Shin Tae-yong, posisi penjaga gawang Timnas Indonesia diisi oleh Andritany Ardhiyasa dan Awan Setho Raharjo.

Namun setibanya Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, nama Nadeo Argawinata terpilih sebagai penjaga gawang utama skuad Garuda.

Nadeo melakoni debutnya pada 29 Mei 2021. Sejak saat itu ia telah tampil sebanyak 15 laga dengan catatan empat Clean Sheets dan kebobolan 21 gol.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More