Irwan Febri Rialdi
Mees Hilgers debut dengan timnas Belanda U-21. (Instagram/fctwente)

Bolatimes.com - Salah satu pemain keturunan Indonesia yang menjadi incaran Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi, Mees Hilgers, kembali membuka suara soal peluangnya tampil bersama timnas Indonesia.

Belakangan ini, Mees Hilgers membantah pernyataan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, yang menyebut orang tuanya tak mengizinkan dirinya bermain untuk timnas Indonesia.

Saat itu, Iriawan menyebut bahwa Mees Hilgers dan Kevin Diks tak mendapat restu dari kedua orang tuanya untuk membela skuad Garuda.

"Yang dua sisanya kemungkinan keluarga tidak memungkinkan karena akhirnya keluarga yang menentukan, kita tidak memaksa," ungkap pria yang disapa Iwan Bule tersebut.

Akan tetapi, Mees Hilgers kemudian membantah pernyataan tersebut yang terlanjur tersebar luas ke berbagai media di Indonesia. Kepada media Belanda, ia sebetulnya masih membuka peluangnya untuk menjadi warga negara Indonesia.

“Media di sana mengatakan bahwa orang tua saya tidak mengizinkan saya (membela timnas Indonesia). Itu tidak benar. Saya masih terbuka untuk itu, tetapi saya baru berusia 21 tahun,” kata Hilgers dilansir dari Elf Voetbal, Selasa (18/10/2022).

Jika benar Mees Hilgers masih berharap untuk bermain bersama timnas Indonesia, maka PSSI perlu segera bergerak cepat untuk menjajaki proses naturalisasinya.

Berikut tiga alasan yang membuat PSSI harus menaturalisasi Mees Hilgers, bek keturunan Indonesia-Belanda yang sangat layak memperkuat timnas Indonesia.

1. Punya Jam Terbang di Kasta Tertinggi Liga Belanda

Meskipun usianya masih sangat muda, yakni 21 tahun, Mees Hilgers sudah berhasil merebut tempat utama bersama timnya, FC Twente, di kompetisi kasta tertinggi Liga Belanda alias Eredivisie.

Sejauh ini, Mees Hilgers telah mencatatkan total 36 penampilan bersama FC Twente, sejak dipromosikan ke tim utama pada musim 2020/2021 lalu.

Pada musim ini saja, Hilgers sudah tampil sebanyak sembilan kali. Dengan kata lain, dia hanya absen satu kali di Eredivisie 2022/2023.

2. Mulai Jadi Andalan Timnas Belanda U-21

Mees Hilgers mulai mendapatkan kesempatan untuk membuktikan kemampuannya bersama timnas Belanda U-21.

Terbaru Mees Hilgers akhirnya debut bersama timnas Belanda U-21 pada Jumat (23/9/2022). Tim muda Orange bertemu melawan Belgia.

Mees Hilgers debut di timnas Belanda U-21 sebagai pemain pengganti. Ia masuk di babak kedua menggantikan peran Lutsharel Geertruida.

Debut Hilgers itu berakhir dengan manis karena timnas Belanda U-21 sukses mengalahkan Belgia U-21 dengan skor 2-1.

3. Jadi Bek Tengah Andalan Timnas Indonesia di Masa Depan

Saat ini, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sudah memiliki sejumlah nama pemain muda yang mulai diberi kepercayaan untuk mengisi jantung pertahanan skuad Garuda.

Hadirnya Mees Hilgers tentu menambah kekuatan pertahanan ini. Dia bisa saja berduet dengan Rizky Ridho, Elkan Baggott, hingga Muhammad Ferarri.

Sebab, pemain-pemain muda ini mulai menggeser bek-bek senior yang ada di skuad timnas Indonesia. Satu nama yang tersisa hanyalah Fachruddin Aryanto.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More