Irwan Febri Rialdi
Mantan Dirut KAI, Ignasius Jonan. (Instagram/@ignasius.jonan)

Bolatimes.com - Mantan Dirut KAI, Ignasius Jonan, tiba-tiba ramai disebut setelah Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan lebih dari 100 orang.

Bukan, Jonan tidak disebut bertanggung jawab atas tragedi nahas itu, melainkan sosoknya dianggap cocok untuk menjadi Ketua Umum Baru PSSI.

Bukan tanpa alasan para netizen Indonesia berucap demikian. Seruan ini muncul setelah Ketum PSSI saat ini, Mochamad Iriawan, dan jajarannya diminta mundur sebagai bentuk pertanggungjawaban moral.

Lantas nama Ignasius Jonan muncul sebagai salah satu sosok yang dinilai layak untuk menjadi Ketum PSSI dan merombak total sepak bola Indonesia.

Mereka menganggap keberhasilan Ignasius Jonan saat mereformasi KAI dinilai sebagai sosok yang tepat untuk memperbaiki manajemen sepak bola Indonesia.

Lantas, siapa sebetulnya Ignasius Jonan ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Ignasius Jonan

Nyatanya Ignasius Jonan atau akrab disapa Jonan ini lahir di Singapura pada 21 Juni 1963. Meski begitu, dia besar dan meniti karier di Indonesia.

Setelah lulus kuliah dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi, Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, ia melanjutkan kuliahnya ke Fletcher School, Tufts University, Amerika Serikat.

Nama Jonan semakin dikenal setelah dia menjabat sebagai Dirut PT Kereta Api Indonesia (KAI). Dia pertama kali terpilih untuk periode 2009-2014.

Dengan penugasan pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara Indonesia (BUMN) yang dipimpin oleh Menteri BUMN Sofyan Djalil.

Jonan banyak melakukan gebrakan saat menjadi nomor satu di transportasi massal ini.  Mulai dari pemberantasan percaloan tiket, menerapkan sistem boarding pass, tiket daring, hingga penjualan tiket melalui toko ritel.

Keberhasilan lainya, selama di PT Kereta Api Indonesia, Jonan sukses membawa keuntungan pada tahun 2009 sebesar Rp154,8 miliar dibanding setahun sebelumnya mengalami kerugian Rp83,5 miliar.

Bahkan pada tahun 2013, perusahaan kereta ini telah mencatatkan keuntungan Rp560,4 miliar. Aset PT KAI pun meningkat saat masa kepemimpinannya  dari semula Rp 5,7 triliun pada 2008, menjadi Rp 15,2 triliun pada 2013.

Atas keberhasilan yang luar biasa itu, Ignasius Jonan ditunjuk menjadi Menteri Perhubungan dalam Susunan Kabinet Kerja Joko Widodo pada Oktober 2014.

Jonan menjabat sebagai Menteri Perhubungan hingga 27 Juli 2016 karena ditunjuk menjadi Menteri ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) pada Oktober 2016 hingga mengakhiri masa jabatan pada 2019.

Setelah tak lagi menjabat di pemerintahan, kni Ignasius Jonan menjadi Dirut dan Komisaris di perusahaan swasta.

Meski dalam perjalanan kariernya Ignasius Jonan tak punya jejak di sepak bola, kemampuannya dalam mengelola organisasi dan instansi terbukti mumpuni sehingga disebut-sebut layak menjadi Ketum PSSI.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More