Husna Rahmayunita
Pemain Indonesia Hokky Caraka saat berusaha melewati hadangan pemain Timor Leste dalam pertandingan Grup F babak kualifikasi Piala Asia U-20 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Rabu (14/9/2022) malam. ANTARA/Moch Asim.

Bolatimes.com - Striker Timnas Indonesia U-19, Hokky Caraka punya mimpi besar untuk berkarier di Eropa utamanya Belanda. Pemain muda milik PSS Sleman tersebut buka peluang jadi pemain abroad.

Hokky Caraka mengungkapkan keinginannya untuk bisa berkarier di Belanda. Meski begitu, dia mengaku masih ingin bertahan di PSS dan mendapat menit bermain.

Hokky Caraka adalah salah satu andalan Shin Tae-yong di lini serang Garuda Nusantara. Ketajamannya mampu membantu timnas Indonesia U-19 ke Piala Asia U-20 2023.

"Kalau sepak bola masih cari jam bermain di sini. Kalau masih belum dikasih jam main ya nunggu sampai ada kesempatan sampai dipercaya setiap pertandingan. Itu target untuk satu tahun ke depan," ucap Hokky dikutip dari YouTube PSS TV yang tayang 14 Oktober 2022.

"Kalau dua sampai 10 tahun ke depan inginnya cari klub Eropa biar bisa makin percaya diri main bolanya, biar teknik bagus, visi misi ada, bisa membawa Indonesia ke Piala Dunia," 

"Yang penting Eropa. Di Eropa pasti sepak bola memang beda dari Asia Tenggara. Kalau boleh memilih Eropa, saya ingin di Belanda," pungkasnya.

Berikut alasan-alasan Hokky Caraka cocok melanjutkan karier di Belanda.

1. Mentalitas

Dengan sudah memiliki motivasi untuk bermain di Eropa sejak dini, tentu ini menjadi indikasi bahwa Hokky Caraka punya mentalitas yang kuat.

Pasalnya, tidak banyak pemain Indonesia yang berani mengungkapkan keinginannya bermain di luar negeri, khususnya Eropa.

2. Kemampuan

Saat ini Hokky merupakan salah satu striker muda paling menonjol di Indonesia, khususnya Timnas Indonesia U-19. Hal ini menunjukkan kemampuannya ada di atas rata-rata pemain lain.

Tentu seperti yang terjadi pada Bagus Kahfi saat direkrut FC Utrecht, kemampuan sang pemain adalah salah satu aspek yang dilihat.

3. Pengalaman

Hokky Caraka bisa dibilang sudah punya pengalaman bermain di luar negeri karena dia merupakan pemain jebolan Garuda Select di Inggris.

Bahkan sempat ada rumor yang menyebut bahwa Direktur Garuda Select, Dennis Wise, menawari Hokky untuk bermain di luar negeri.

Dengan pengalaman bermain di Eropa saat menimba ilmu di Garuda Select, ini bisa menjadi modal positif bagi Hokky Caraka dalam memulai perjalanan di Eropa.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More