Husna Rahmayunita
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dan pelatih Vietnam Park Hang-seo. (kolase ist/bongda.vn)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong masuk kandidat pengganti Park Hang-seo yang akan lengser dari kursi pelatih Vietnam pada 31 Januari 2023.

Media Vietnam Bongdaplus memasukkan Shin Tae-yong sebagai salah satu calon pelatih yang layak menggantikan tugas Park Hang-seo.

Sementara itu. Shin Tae-yong sendiri hingga saat ini masih menjadi juru taktik Timnas Indonesia tiga kelompok umur baik senior, U-23 dan U-19.

Bongdaplus mengutip pernyataan yang menyebut Shin Tae-yong cocok hijrah ke Vietnam karena punya filosofi yang sama dengan Park Hang-seo.

"Vietnam mungkin menjadi tujuan yang cocok untuk pelatih Shin Tae Yong. Kedua pelatih asal Korea ini memiliki filosofi yang sama, yaitu gaya sepakbola yang mengandalkan umpan pendek," tulisnya dikutip Senin (17/10/2022).

Selain itu, juru taktik berusia 52 tahun tersebut juga dianggap sudah memahami kondisi skuad Vietnam yang digawangi pemain-pemain tangguh.

"Pelatih Shin Tae Yong tentu mengenal bintang-bintang Vietnam dengan sangat baik dan dia akan senang jika dia memiliki skuad yang berkualitas," imbuhnya.

Shin Tae-tong terikat kontrak bersama Timnas hingga Desember 2023. Sempat ada wacana PSSI akan memperpanjang masa bakti STY sebelum terjadi Tragedi Kanjuruhan.

Usai tragedi itu Shin Tae-yong yang mengaku siap mundur andai Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan lengser sebagai pertanggungjawaban moral atas insiden berdarah yang menewaskan ratusan orang.

Pengakuan tersebut lantas memancing spekulasi bila sang pelatih membuka peluang untuk hengkang dari Indonesia untuk pindah ke negara lain.

Selain Shin Tae-yong ada tiga nama yang dianggap cocok menggantikan Park Hang-seo sebagai pelatih Vietnam. Bongdaplus menyebut empat sosok tersebut yakni Lee Young-jin, Gong Oh-kyun dan Kiatisak Senamuang.

Load More