Irwan Febri Rialdi
Ketum PSSI, Mochamad Iriawan menyebut Presiden tidak masalah soal naturalisasi tujuh pemain keturunan. (YouTube/Sekretariat Presiden)

Bolatimes.com - Berikut tiga dampak yang akan terjadi jika Mochamad Iriawan atau Iwan Bule resmi mundur dari jabatannya sebagai Ketua Umum (Ketum) PSSI.

Belakangan PSSI kembali menjadi sorota usai Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) melakukan hasil pemeriksaan akan Tragedi Kanjuruhan awal Oktober lalu.

Dalam hasil pemeriksaan yang dilakukan, TGIPF menyatakan bahwa PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia harus bertanggung jawab atas tragedi memilukan tersebut.

“Dalam catatan kami, disampaikan bahwa pengurus PSSI harus bertanggung jawab, dan sub-sub organisasinya,” ujar Ketua TGIPF, Mahfud MD, di Istana Kepresidenan, Jumat (14/10).

Munculnya pernyataan dari TGIPF ini lantas memuat posisi PSSI kian terjepit. Sebelumnya, desakan agar induk sepak bola Indonesia itu untuk bertanggung jawab sudah menggema sejak tragedi itu terjadi.

Bahkan, banyak warganet yang menyuarakan agar Mochamad Iriawan atau Iwan bule segera mundur dari jabatannya sebagai Ketua Umum (Ketum).

Desakan mundur ini dianggap sebagai pertanggung jawaban secara moral usai Tragedi Kanjuruhan yang menelan ratusan korban jiwa.

Meski banyak desakan untuk mundur, Iwan Bule sendiri tetap bersikukuh bertahan sebagai Ketum PSSI. Hanya saja, pernyataan TGIPF ini membuat gelombang protes terhadapnya kian menjadi-jadi.

Tak pelak, ada kemungkinan Iwan Bule mundur dari jabatannya itu, apalagi dengan munculnya desakan yang masif dari pencinta sepak bola Tanah Air.

Andai Iwan Bule resmi mundur, maka akan ada beberapa dampak yang tercipta dari mundurnya orang nomor satu di PSSI tersebut. Apa saja dampaknya?

1. Mundurnya Shin Tae-yong

Mundurnya Iwan Bule sebagai Ketum PSSI pun akan membuat pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mundur dari jabatannya pula.

Hal ini ditegaskan juru taktik berusia 52 tahun itu dalam unggahannya di akun Instagram pribadinya, di mana ia ‘memberikan ancaman’ akan melepas statusnya sebagai pelatih Timnas Indonesia jika Iwan Bule mundur.

Pernyataan itu diperkuat dengan pengakuan Nova Arianto selaku asisten pelatih yang menyatakan bahwa pernyataan Shin Tae-yong murni dari dirinya sendiri, bukan settingan seperti yang diduga banyak pihak.

2. Kecewanya Para Pemain Timnas Indonesia

Mundurnya Iwan Bule juga akan membuat para penggawa Timnas Indonesia saat ini kecewa berat, mengingat kedekatan yang mereka miliki.

Boleh dikatakan, bahwa di era Iwan Bule ini para pengurus PSSI memiliki koneksi yang begitu dekat dengan para penggawa Timnas Indonesia.

Bahkan, pemain sekelas Asnawi Mangkualam menyatakan bahwa periode Iwan Bule di PSSI menurutnya lebih baik ketimbang periode sebelumnya.

3. Program Kerja PSSI Tak Berjalan

Mundurnya Iwan Bule akan membuat program PSSI yang telah berjalan seperti naturalisasi pemain untuk Piala Dunia U-20 terhenti.

Sebagai informasi, PSSI saat ini gencar melakukan proses naturalisasi terhadap beberapa pemain untuk Piala Dunia U-20 2023.

Selain itu, program lainnya seperti Piala Indonesia yang rencananya akan digelar, akan mengalami pembatalan jika Iwan Bule mundur.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More