Husna Rahmayunita
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Istimewa)

Bolatimes.com - Media Vietnam menyoroti dukungan sejumlah pemain Timnas Indonesia kepada Shin Tae-yong di tengah ancaman mundur andai Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan lengser.

Beberapa pemain Timnas Indonesia menunjukkan reaksinya setelah sang pelatih melontarkan pernyataan mengejutkan lewat Instagram, Rabu (12/10/2022).

Dalam postingan tersebut, Shin Tae-yong mengaku siap mundur apabila Mochamad Iriawan atau Iwan Bule mundur dari jabatan Ketum PSSI sebagai pertanggungjawaban atas Tragedi Kanjuruhan.

Menurut STY, tragedi tersebut merupakan tanggung jawab bersama. Juru taktik asal Korea Selatan itu menilai Iwan Bule merupakan sosok yang perhatian kepada sepak bola Indonesia.

"Seseorang yang sangat mencintai sepakbola Indonesia dengan kesungguhan hati dan memberikan dukungan penuh dari belakang agar sepak bola dapat berkembang adalah Ketua Umum PSSI,” tulis Shin Tae-yong via akun Instagram-nya, Rabu (12/10/2022).

"Menurut saya, jika Ketum PSSI harus bertanggung jawab atas semua yang terjadi dan mengundurkan diri, maka saya pun harus mengundurkan diri," tambahnya.

Unggahan STY tersebut lantas mengundang beragam reaksi termasuk dari pemain Timnas Indonesia yang ikut memenuhi kolom komentar.

Setidaknya ada 10 pemain Timnas Indonesia yang mendukung sikap Shin Tae-yong. Mereka adalah Saddil Ramdani, Marc Klok, Fachruddin Aryanto, Asnawi Mangkualam, Egy Maulana Vikri, Rizky Ridho, Witan Sulaeman, Elkan Baggott, Pratama Arhan dan Hokky Caraka.

Respons yang ditujukkan penggawa skuad Garuda tersebut memancing perhatian media Vietnam, Soha.vn. Menurut media tersebut, dukungan yang diberikan kepada STY juga merupakan pembelaan terhadap Iwan Bule.

"Ancaman pelatih Shin Tae-yong itu mendapat dukungan dari banyak pemain kunci Indonesia," tulisnya.

"Ini juga cara mereka mendukung Iwan Bule untuk terus menjabat sebagai Ketum PSSI," sambungnya.

Lebih lanjut, sumber yang sama menilai banyak suporter Indonesia yang menginginkan Shin Tae-yong tetap bertahan menjadi pelatih Timnas Indonesia.

Load More