Irwan Febri Rialdi
Gelandang Timnas Indonesia, Rachmat Irianto, dalam pertandingan melawan Curacao, Selasa (27/9/2022). (dok. PSSI)

Bolatimes.com - Dua pemain timnas Indonesia, Rachmat Irianto dan Marselino Ferdinan, menuai pujian dari warganet setelah tak memberikan komentar terhadap sikap Shin Tae-yong mengenai Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Sikap Shin Tae-yong ini sebelumnya dituangkan dalam sebuah postingan yang berisi dukungan untuk Mochamad Iriawan agar tetap bertahan sebagai Ketua Umum PSSI di tengah derasnya tuntutan untuk mundur.

Bahkan, Shin Tae-yong juga siap mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pelatih timnas Indonesia apabila nantinya Iwan Bule benar-benar melepaskan statusnya sebagai orang nomor satu di PSSI.

“Seseorang yang sangat mencintai sepakbola Indonesia dengan kesungguhan hati dan memberikan dukungan penuh dari belakang agar sepak bola dapat berkembang adalah Ketua Umum PSSI,” tulis Shin Tae-yong via akun Instagram-nya, Rabu (12/10/2022).

Menurut saya, jika Ketum PSSI harus bertanggung jawab atas semua yang terjadi dan mengundurkan diri, maka saya pun harus mengundurkan diri," tambahnya.

Postingan ini pun sontak kebanjiran komentar dari warganet. Bahkan, beberapa nama pemain timnas Indonesia juga muncul untuk memberikan dukungan kepada Shin Tae-yong serta Iwan Bule.

Dari sudut pandang publik, sikap semacam ini tentu disayangkan. Sebab, Shin Tae-yong dinilai gagal mengajarkan nilai empati dan kemanusiaan kepada keluarga korban Tragedi Kanjuruhan.

Pasalnya, di saat proses penyelidikan masih berlangsung, serta banyak korban luka-luka yang dmasih dirawat di rumah sakit, pemain timnas Indonesia tersebut justru tak memperlihatkan empatinya.

Itulah sebabnya, Marselino Ferdinan dan Rachmat Irianto mendapatkan pujian karena mereka memilih untuk tidak ikut-ikutan berkomentar di Instagram Shin Tae-yong.

“Persetan aku dikatakan Rian Mania. Tapi, kali ini, keputusan Rian tidak ikut-ikut komentar di Instagram Shin Tae-yong adalah keputusan yang paling tepat,” tulis @RidsMaulana, Kamis (13/10/2022).

“Satu dari sedikit yang (terpantau) tidak ikut muncul di kolom komentar postingan Coach Shin Tae-yong. Emang gagah ini pemain,” tulis @imambahiri yang turut mengunggah foto Rian menggunakan jersey Persib Bandung.

“Prosesionalisme murni, mentalitas hebat, salah satu panutan untuk pemain sepak bola Indonesia di masa sekarang,” lanjutnya.

“Dua jagoanku (Marselino dan Irianto) ini belum terpantau ikut-ikutan komen di akun Instagram Shin Tae-yong. Terusno rek, buktikan kalian masih punya hati nurani,” tulis @RidsMaulana.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More