Arif Budi Setyanto
Timnas Indonesia U-16 kalah telak dari Malaysia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. (Instagram/famalaysia)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-16 kalah telak dari Malaysia di babak terakhir Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Minggu (9/10/2022) di Stadion Pakansari malam WIB. Garuda Asia tumbang dengan skor 1-5.

Kekalahan tersebut membuat timnas Indonesia U-16 antiklimaks di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 ini. Bagaimana tidak, dari awal Garuda Asia moncer sejak awal dan memimpin klasemen sementara sampai matchday ketiga.

Sayangnya pada pertandingan terakhir, Arkhan Kaka dkk kalah menghadapi Malaysia dengan skor 5-1. Lima gol Malaysia dicetak Zainurhakimi Zain, Anjasmirza, Afiq Danis, dan Arami Wafiy yang hanya mampu dibalas Arkhan Kaka.

Baca Juga:
18 Klub akan Temui Kemenpora untuk Bahas Kelanjutan Liga 1 2022/2023

Malapetaka ini membuat anak asuh Bima Sakti harus turun ke runner up. Artinya timnas Indonesia U-16 harus menunggu hasil dari tim lain untuk lolos dari Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 via runner up terbaik.

Sedangkan Malaysia yang menang telak berhasil mengkudeta Garuda Asia dari puncak klasemen. Ini juga membuat anak asuh Osmera Omaro lolos otomatis ke putaran final Piala Asia U-17 2023.

Jalannya Pertandingan

Baca Juga:
Tegas! FIFA Minta Kick Off Liga 1 Tak Lebih dari Jam 5 Sore, Wajib Digelar Akhir Pekan

Awalnya timnas Indonesia U-16 mendominasi pertandingan menit-menit pertama. Arkhan Kaka cs sering mengancam gawang Malaysia.

Malaysia mampu memanfaatkan serangan balik dengan baik. Tim asuhan Osmera Omaro mampu mencuri gol di menit ke-16.

Tertinggal 1-0, Garuda Asia berusaha untuk menyusul. Sayangnya Femas Crespo membuat kesalahan yang kemudian mampu dimanfaatkan oleh pemain Malaysia menjadi gol menjadi 2-0.

Baca Juga:
Hasil Liga Spanyol Semalam: Atletico Madrid Taklukkan Girona, Real Madrid Menang Tipis Lawan Getafe

Petaka muncul di menit ke-20an bagi timnas Indonesia U-16. Pasalnya Malaysia mampu mencetak dua gol lagi yang membuat skor menjadi 4-0.

Di babak pertama, Malaysia mampu menutup keunggulan dengan skor 5-0. Anak asuh Osmera Omaro mencetak gol lagi via adu penalti.

Memasuki babak kedua, skuad asuhan Bima Sakti terus menerus melancarkan serangan. Beberapa peluang tercipta, tapi tidak ada yang menembus pertahanan Malaysia.

Baca Juga:
Hasil Liga Italia Semalam: Inter Milan Taklukkan Sassuolo, AC Milan Pecundangi Juventus

Di sisi lain, Malaysia yang bermain lebih bertahan juga mendapatkan peluang. Namun, mereka juga tak berhasil menambah keunggulan.

Di penghujung pertandingan, Arkhan Kaka berhasil mempercekil ketertinggalan, tapi semuanya sudah terlambat. Alhasil pertandingan timnas Indonesia U-16 vs Malaysia berakhir dengan skor 5-1.

Malaysia pun menggeser timnas Indonesia U-16 dari pemuncak klasemen. Garuda Asia pun harus menunggu hasil tim lain untuk menentukan runner up terbaik di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Load More