Arif Budi Setyanto
Pemain Timnas Indonesia U-16 Arkhan Kaka Putra (tengah) melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang UEA dalam laga kualifikasi Grup B Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/10/2022). Indonesia menang dengan skor 3-2. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Malaysia di laga pamungkas Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Minggu (9/10/2022). Hasil pertandingan ini akan menentukan siapa juara grup.

Saat ini timnas Indonesia U-16 berada di puncak klasemen sementara Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 dengan raihan 9 poin. Sedangkan Malaysia tepat berada di bawahnya mengumpulkan 7 poin.

Situasi tersebut membuat pertandingan timnas Indonesia U-16 vs Malaysia jadi laga hidup mati. Sebab, pemenangnya akan lolos otomatis dari Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Baca Juga:
Tegas! FIFA Minta Kick Off Liga 1 Tak Lebih dari Jam 5 Sore, Wajib Digelar Akhir Pekan

Sementara yang kalah, akan menunggu hasil runner up terbaik dengan bersaing dari kontestan grup lain. Nah, andai Garuda Asia kalah, kabar buruk lainnya adalah produktivitas 16 gol tidak akan dihitung.

Mengapa bisa demikian? Pasalnya gol anak asuh Bima Sakti ke gawang Guam dan Palestina tidak akan berarti karena hanya laga melawan Uni Emirat Arab (UEA) serta Malaysia saja yang bakal menjadi penentu untuk runner up terbaik.

Hal itu karena dalam Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 kali ini ada grup yang berisi tiga tim saja. Untuk menyetarakan klasemen runner up terbaik, grup maka di Grup B hanya akan dihitung tiga teratas.

Baca Juga:
Hasil Liga Spanyol Semalam: Atletico Madrid Taklukkan Girona, Real Madrid Menang Tipis Lawan Getafe

Timnas Indonesia U-6 saat menghadapi Guam dalam matchday pertama Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Bogor, Senin (3/10/2022). [Dok. PSSI]

Guam dan Palestina sendiri kini berada di dua posisi terakhir. Sehingga pertandingan melawan kedua tim itu tidak akan dihitung.

Padahal timnas Indonesia U-16 mampu menang 14-0 saat melawan Guam dan 2-0 ketika menghajar Palestina. Artinya 16 gol itu tidak akan berarti jika memang nantinya anak asuh Bima Sakti kalah dari Malaysia.

Penentuan runner up terbaik di Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 hanya akan dhitung dari pertandingan UEA serta Malaysia. Maka dari itu, jika ingin lolos otomatis, Arkhan Kaka cs wajib meraih kemenangan.

Baca Juga:
Hasil Liga Italia Semalam: Inter Milan Taklukkan Sassuolo, AC Milan Pecundangi Juventus

Load More