Irwan Febri Rialdi
Pemain Timnas Indonesia U-16 Arkhan Kaka Putra (tengah) melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang UEA dalam laga kualifikasi Grup B Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/10/2022). Indonesia menang dengan skor 3-2. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.

Bolatimes.com - Daftar negara yang sudah dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023, Timnas Indonesia U-16 akan menyusul?

Timnas Indonesia U-16 harus berjuang maksimal untuk menyusul sejumlah negara yang sudah dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023.

Sejauh ini, fase Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 memang sudah memperlihatkan sejumlah kontestan yang dipastikan merebut tiket lolos ke putaran final.

Setidaknya, dari total 10 Grup yang tersaji di babak Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, sudah ada tiga negara yang memastikan satu tiket ke putaran final ajang ini.

Ketiga negara yang dimaksud ialah Jepang, Iran, dan Uzbekistan. Sebab, ketiganya sudah tidak membutuhkan kemenangan pada pertandingan terakhir di masing-masing grupnya.

Timnas Jepang U-16, misalnya, saat ini bertengger di puncak klasemen sementara Grup A dengan koleksi sempurna, yakni sembilan poin dari tiga pertandingan.

Tim terdekat yang membuntuti Jepang ialah Yordania dengan koleksi lima poin dari tiga laga. Jika nantinya Jepang kalah di laga terakhir melawan Yordania, maka koleksi poin Negeri Samurai sudah dipastikan tak terkejar oleh lawannya tersebut.

Sementara itu, Iran menjadi negara selanjutnya yang sudah dipastikan menggenggam satu tiket untuk berpartisipasi di putaran final Piala Asia U-17 2023.

Sebab, Mereka saat ini berada di puncak klasemen sementara Grup I dengan mengumpulkan enam poin dari dua pertandingan.

Jumlah ini sudah dipastikan tak terkejar andai mereka mengalami kekalahan pada pertandingan terakhir melawan Hong Kong. Sebab, Iran dipastikan menang head-to-head melawan Laos dan Kirgistan jika salah satu dari kedua tim ini mampu menyamai koleksi poinnya.

Adapun kontestan ketiga yang juga telah mengantongi satu tiket ke putaran final Piala Asia U-17 2023 ialah Uzbekistan yang menjadi wakil dari Grup J.

Saat ini, mereka merajai puncak klasemen Grup J dengan koleksi enam poin dari dua pertandingan melawan Korea Selatan dan Brunei Darussalam.

Satu kontestan lainnya, yakni Sri Lanka, telah mengundurkan diri. Artinya, mereka sudah resmi lolos karena hasil laga Korea Selatan versus Brunei Darussalam sudah tak bisa mempengaruhi posisinya di puncak.

Akankah Indonesia Menyusul?

Pemain Timnas Indonesia U-16 Sultan Zaky Pramana (kiri) menyundul bola di laga kualifikasi Grup B Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/10/2022). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp)

Saat ini, timnas Indonesia U-16 sukses menduduki puncak klasemen sementara Grup B dengan koleksi sembilan poin dari tiga pertandingan.

Posisi ini sukses diraih anak asuh Bima Sakti setelah sebelumnya berhasil menumbangkan Palestina dengan skor 2-0 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jumat (7/10/2022).

Sementara itu, Malaysia bertengger di urutan kedua dengan tujuh poin, diikuti Uni Emirat Arab (UEA) yang mengantongi enam poin di peringkat tiga.

Sedangkan posisi keempat ditempati oleh Guam dengan torehan satu poin, sedangkan Palestina ada di urutan ke lima tanpa poin sama sekali.

Dengan situasi klasemen semacam ini, timnas Indonesia U-16 pun hanya membutuhkan hasil imbang saat bersua Malaysia pada laga terakhir Grup B kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Menurut jadwal, pertandingan penentuan nasib Indonesia dan Malaysia ini akan terselenggara di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Minggu (9/10/2022).

Sebab, apabila timnas Indonesia U-16 meraih imbang, maka mereka dipastikan menjadi pemuncak klasemen akhir Grup B dengan koleksi 10 poin dari empat pertandingan.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More