Kamis, 01 Desember 2022
Husna Rahmayunita : Senin, 26 September 2022 | 18:08 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Kehadiran pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dianggap memberikan keuntungan bagi Tanah Air oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule.

Tak hanya mengantarkan timnas meraih prestasi, Shin Tae-yong disebut mempengaruhi hubungan bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan.

Iwan Bule menyebut Korea Selatan merupakan negara yang budayanya bisa dikemas menjadi ikon global, dan kehadiran Shin Tae-yong bisa saja mendorong negara asalnya itu untuk berbagi strategi demi memajukan Indonesia, tidak hanya sekedar sepak bola.

"Jadi melalui Shin Tae-yong pun kita bisa belajar ke Korea Selatan bagaimana mempatenkan produk budaya kita untuk lebih dikenal," kata Iwan Bule di Bandung, Jawa Barat, Senin.

Menurut Iriawan, Korea Selatan dan Indonesia memiliki kesamaan dari segi kekayaan budaya. Namun, kata dia, Indonesia belum punya pakem khusus untuk memonetisasi kekayaan budaya tanpa melanggar norma yang ada.

"Misal kita punya produk bola yang ada di Tangerang, lalu kita minta bintang-bintang Korea ini main sepak bola pakai produk tersebut. Maka nilai ekonomis produk ini akan semakin tinggi," kata dia.

Selain itu, industri makanan asli dari Tanah Air, kata Iwan Bule, juga bisa memanfaatkan momentum tersebut. Contohnya, kata dia, meminta Shin Tae-yong meluangkan waktunya beberapa menit untuk mencicipi dan berkomentar terkait produk tersebut.

Sejauh ini, menurut dia Shin Tae-yong adalah pelatih timnas yang kerap membintangi banyak iklan. Di antaranya, kata dia, membintangi iklan produk merek mobil Korea Selatan yang pabriknya ada di Bekasi.

Menurut Iriawan upaya-upaya tersebut sangat memungkinkan untuk dilakukan, karena Shin Tae-yong adalah pelatih sepak bola yang sangat dihormati di Korea Selatan karena prestasinya, sehingga hal itu sangat bermanfaat bagi keuntungan ekonomi Tanah Air.

"Seperti diketahui media Korea selalu ada ketika Shin Tae-yong ini beraksi melatih Timnas di lapangan," katanya.

(Antara)

BACA SELANJUTNYA

Begini Jadinya jika Shin Tae-yong Beradu Skill dengan Nova Arianto dalam Hal Tenis Meja, Siapa yang Paling Jago?