Rauhanda Riyantama
Aksi Rahmat Beri Santoso (nomor punggung 21) bersama Timnas Indonesia U-19 saat mengalahkan Timor Leste 4-0 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Berikut hitung-hitungan untuk Timnas Indonesia U-19 lolos ke Piala Asia U-20 2023 jika di laga terakhir kualifikasi bermain imbang melawan Vietnam.

Timnas Indonesia U-19 kembali menyamai torehan Vietnam, usai menghajar Hong Kong di laga kedua grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Jumat (18/9).

Dalam duel itu, Timnas Indonesia U-19 berhasil mencukur Hong Kong dengan skor 5-1 dan menyamai poin Vietnam yang di laga sebelumnya menang 4-0 atas Timor Leste.

Baca Juga:
Klasemen Terbaru Runner-Up Terbaik Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: Vietnam Pertama, Malaysia Ketiga

Kemenangan 5-1 skuad Garuda Nusantara atas Hong Kong itu berkat sumbangsih gol dari Rabbani Tasnim, Alfriyanto Nico, Zanadin Fariz, dan Brace Marselino Ferdinan.

Dikarenakan Timnas Indonesia U-19 menang 5-1 atas Hong Kong dan Vietnam menang 4-0 atas Timor Leste, kini poin kedua tim dan selisih gol yang dimiliki keduanya menjadi sama.

Kebetulan di laga perdana grup F lalu, Timnas Indonesia U-19 menang 4-0 dan Vietnam juga menang 5-1 atas Hong Kong.

Baca Juga:
Resmi! Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia untuk Lawan Curacao, Belum Ada Jordi Amat dan Sandy Walsh

Sehingga, saat ini baik Timnas Indonesia U-19 dan Vietnam sama-sama memiliki selisih gol +8 gol dan sama-sama memiliki 6 poin.

Alhasil, Timnas Indonesia U-19 dan Vietnam kini mau tak mau harus saling tikam demi bisa memperebutkan status juara grup di laga terakhir babak kualifikasi grup F, Minggu (18/9).

Kemenangan akan membuat salah satu dari dua tim ini lolos otomatis ke putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan mendatang.

Baca Juga:
Jadwal Liga 1 2022 Hari Ini: Ada Big Match Persija Jakarta vs Madura United

Namun, bagaimana jika nantinya Timnas Indonesia U-19 dan Vietnam bermain imbang di laga terakhir? Siapakah yang akan lolos sebagai juara grup, mengingat poin dan selisih gol keduanya identik?

Pemain Timnas Indonesia U-19, Marselino Ferdinan (kedua kanan) melakukan selebrasi bersama rekannya usai mencetak gol ke gawang Timnas Hong Kong U-19 pada pertandingan babak kualifikasi Piala Asia U-20 2023 Grup F di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (16/9/2022). (ANTARA FOTO/Moch Asim/rwa)

Kans Timnas Indonesia U-19 Lolos meski Imbang dengan Vietnam

Sebagai informasi, untuk menentukan siapa yang menjadi juara grup, AFC selaku penyelenggara menggunakan aturan Head to Head.

Baca Juga:
Profil Yakub Sayuri, Pemain PSM Makassar yang Dipanggil Timnas Indonesia di FIFA Matchday

Namun, jika Timnas Indonesia U-19 dan Vietnam sama-sama bermain imbang, maka poin keduanya dan selisih golnya akan sama identik.

Alhasil, aturan Head to Head tidak akan bisa menentukan siapa yang lolos sebagai juara grup F kelak karena keidentikan hasil serta poin yang diraih keduanya.

Lantas, bagaimana cara untuk menentukan siapa yang menjuarai grup F nanti jika Timnas Indonesia U-19 dan Vietnam malah bermain imbang?

Berdasarkan aturan AFC, dalam Tie Breaker nomor 7, besar kemungkinan akan dilaksanakan adu penalti jika Timnas Indonesia U-19 dan Vietnam bermain imbang.

Adu penalti ini menjadi titik akhir untuk menentukan siapa yang berhak juara grup. Andai tak dilakukan adu penalti, maka sulit untuk menemukan siapa yang berhak lolos.

Meski begitu, dalam laporan lain disebutkan jika status juara grup bisa ditentukan lewat poin kedisiplinan, yakni terkait kartu kuning atau merah yang didapat kedua tim.

Sebagai contoh, saat ini Timnas Indonesia U-19 tengah memimpin klasemen grup F atas Vietnam. Hal ini dikarenakan skuad Garuda Nusantara baru mengantongi dua kartu kuning.

Vietnam yang punya poin dan selisih gol yang sama, ternyata telah mengantongi tiga kartu kuning, sehingga secara poin kedisiplinan, Timnas Indonesia U-19 unggul atas rivalnya itu.

Jika benar poin kedisiplinan digunakan untuk menentukan kelolosan, Timnas Indonesia U-19 harus meminimalisir pelanggaran keras yang bisa berbuah kartu kuning atau kartu merah jika bermain imbang melawan Vietnam.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More