Husna Rahmayunita
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyampaikan paparan sebelum rapat koordinasi terkait kompetisi sepak bola Liga 1 2021 di Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora), Jakarta, Rabu (21/4/2021). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.

Bolatimes.com - PSSI akan mengirim utusan ke Belanda untuk menjalin komunikasi dengan pemain keturunan terkait rencana naturalisasi Timnas U-20. Hal itu diungkap oleh Ketum PSSI Mochamad Iriawan.

Iriawan menerangkan pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong telah menyodorkan tujuh nama pemain keturunan asal Belanda untuk naturalisasi.

Tujuh pemain tersebut diharapkan bisa memperkuat Timnas Indonesia U-20 dalam ajang Piala Dunia U-20 2023 pada pertengahan tahun depan.

Dari tujuh nama yang diajukan, Iriawan menyebut baru dua yang sudah setuju untuk dinaturalisasi setelah PSSI menjalin komunikasi dengan mereka.

Sedangkan lima lainnya masih akan dikomunikasikan, sehingga PSSI mengirim tim ke Belanda.

Hal itu disampaikannya usai menggelar rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo, Menpora Zainudin Amalai di Istana Negara, Jakarta, Kamis (8/9/2022).

"Yang dua sudah pasti mau karena kita sudah komunikasi. Sedangkan lima pemain lagi akan kita komunikasikan selanjutnya. PSSI sudah membentuk tim untuk segera berangkat ke Belanda guna bertemu dengan keluarga si pemain," kata Iriawan dikutip dari laman resmi PSSI.

Timnas Indonesia U-20, kata Iriawan, ditargetkan minimal lolos ke babak kualifikasi grup Piala Dunia U-20 2023.

Dengan adanya penambahkan pemain naturalisasi, Shin Tae-yong sudah menjanjikan kepada PSSI bisa berbuat lebh banyak.

"Jadi naturalisasi ini adalah keinginan pelatih. Jadi sesuai kebutuhan tim. Shin sudah tau mana pemain yang dibutuhkan dan posisinya di mana," sambungnya.

Sementara itu, Piala Dunia U-20 2023 dijadwalkan digelar pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023 di Indonesia. Turnamen tersebut rencananya digelar di enam provinsi.

Load More