Arif Budi Setyanto
Gelandang Timnas Indonesia, Marc Klok saat melakukan tendangan penalti ke gawang Kuwait dalam laga perdana Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Internasional Jaber Al Ahmad, Kuwait, Rabu (8/6/2022). (ANTARA FOTO/Humas PSSI)

Bolatimes.com - Peluang Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 semakin membesar. Hal itu karena salah satu negara, yakni Australia mundur dari bidding tersebut.

Piala Asia 2023 awalnya bakal digelar di China. Sayangnya Negeri Tirai Bambu tersebut mengundurkan diri karena kasus Covid-19 yang masih tinggi.

AFC pun kemudian membuka kesempatan bagi para konsestan untuk menjadi tuan rumah. Ada empat negara yang mengajukan bidding menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, yaitu Indonesia, Australia, Korea Selatan, dan Qatar.

Baca Juga:
4 Fakta Menarik Denis Zakaria, Gelandang Baru Chelsea yang Dipinjam dari Juventus

Kabar terbaru Australia ternyata memutuskan mundur dari bidding tuan rumah Piala Asia 2023. Artinya kesempatan Indonesia untuk menjadi host pun semakin terbuka lebar.

Keputusan Australia mundur dari pengajuan tuan rumah turnamen antarnegara Asia ini diketahui dari situs resmi federasinya pada Jumat (2/9/2022).

"Football Australia hari ini mengkonfirmasi bahwa mereka tidak akan melanjutkan pengajuan tawaran resmi untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023," tulis laporan dari Federasi Australia.

Baca Juga:
Marselino Ferdinan Bela Persebaya Surabaya Lawan Bali United sebelum Gabung Timnas U-19

Australia mundur dalam bidding tuan rumah Piala Asia 2023. (Twitter/@FootballAUS)

Australia memang awalnya sudah mengirimkan surat ketertarikan ke AFC. Namun ternyata, Australia memilih tidak melanjutkan untuk mengajukan tawaran resmi untuk jadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Kendati begitu, Australia menegaskan pihaknya tetap mempertahankan minat dalam penawaran untuk host Piala Asia Wanita 2026 mendatang.

Sementara itu, timnas Indonesia sudah mengunci satu tiket di Piala Asia 2023 setelah lolos dari babak kualifikasi yang digelar Juni 2022 lalu.

Baca Juga:
Dicerai Barcelona, Martin Braithwaite Hijrah ke Klub Rival

Kala itu, anak asuh Shin Tae-yong bersaing dengan Kuwait, Yordania, serta Nepal. Tim Garuda akhirnya menadi runner up terbaik dan resmi lolos ke Piala Asia 2023.

Setelah timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023, PSSI kemudian mengambil langkah untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah.

Jika berhasil menjadi tuan rumah, adalah sebuah keuntungan bagi timnas Indonesia yang bakal bertanding di depan publik sendiri. Bukan hanya itu, penempatan pot undian juga bakal menguntungkan tim tuan rumah sebagai unggulan pertama, sehingga tim Merah Putih berpotensi untuk ketemu negara-negara kuat, seperti Jepang, Korea Selatan, Iran, hingga Arab Saudi.

Baca Juga:
Blak-blakan, Eks Pelatih Thailand Prediksi Timnas Indonesia Tak Bisa Lolos ke Final Piala AFF 2022

Load More