Rauhanda Riyantama
Ilija Spasojevic merayakan gol saat Bali United tundukkan Madura United 2-0 di Liga 1 2021. (Instagram/liga1match)

Bolatimes.com - Berikut daftar pencetak gol terbanyak sejak era Liga 1, di mana beberapa pemain naturalisasi dan pemain asing mendominasi daftar ini.

Kasta sepak bola teratas Indonesia, Liga 1 bukanlah sebuah kompetisi yang bisa dikatakan berjalan cukup lama.

Kompetisi Liga 1 sendiri pertama kali digelar pada 2017, usai Indonesia harus menerima sanksi FIFA yang membuat kompetisi dibekukan.

Baca Juga:
Kocak, Momen Robert Lewandowski Cetak Gol dengan Gaya Mirip Logo Bundesliga

Sebelum era Liga 1, kompetisi teratas sepak bola Indonesia memiliki banyak nama seperti Perserikatan, Galatama, Divisi Utama, Liga Indonesia, Indonesia Super League (ISL), hingga Indonesia Soccer Championship.

Format yang digunakan pun berbeda-beda. Ada format wilayah hingga format satu wilayah seperti yang dikenal saat ini.

Gelaran Liga 1 pun bisa dikatakan sebagai reinkarnasi dari Indonesia Super League (ISL) yang sama-sama memiliki format satu wilayah dengan berisikan 18 tim.

Baca Juga:
Jelang Lawan Olympiacos, Bagus Kahfi Tak Masuk Daftar Pemain Asteras Tripolis FC

Sejak era Liga 1 digelar pada 2017, telah banyak rekor yang diciptakan, terutama soal pencetak gol terbanyak di kompetisi tertinggi Indonesia ini.

Kira-kira, siapa saja pemain yang menghuni daftar pencetak gol terbanyak Liga 1? Berikut daftarnya.

1. Ilija Spasojevic (64 gol)

Baca Juga:
Link Live Streaming RANS Nusantara vs Barito Putera di Liga 1 2022 Sore Ini

Ilija Spasojevic usai mencetak gol ke gawang Persija Jakarta. (Dok. LIB)

Ilija Spasojevic merupakan pencetak gol terbanyak Liga 1 sejauh ini. Penyerang naturalisasi tersebut tercatat telah mencetak 64 gol.

Torehan itu dibuat di Liga 1 bersama dua klub, yakni Bhayangkara FC dan Bali United. Torehan itu juga dibarengi 3 gelar juara liga bersama dua tim tersebut.

2. Alberto Beto Goncalves (62 gol)

Baca Juga:
Link Live Streaming Dewa United vs PSIS Semarang di Liga 1 2022 Sore Ini

Posisi pencetak gol terbanyak kedua sepanjang era Liga 1 adalah penyerang naturalisasi lainnya yakni Alberto ‘Beto’ Goncalves dengan sumbangan 62 gol sejauh ini.

Pemain telah bermain di Indonesia sejak 2008 itu telah menorehkan 62 gol tersebut bersama Sriwijaya FC dan Madura United di Liga 1.

3. Marko Simic (61 gol)

Riko Simanjuntak dan Marko Simic saat berseragam Persija Jakarta. (Instagram/markosimic_77)

Eks penyerang Persija Jakarta, Marko Simic, juga masuk daftar ini dengan sumbangan 61 gol selama berkiprah di Liga 1 sejak 2018.

Sumbangan gol tersebut diberikan seluruhnya kepada Persija Jakarta, di mana Marko Simic mampu mempersembahkan satu gelar liga.

4. David da Silva (48 gol)

Penyerang Persib Bandung, David da Silva, juga masuk daftar ini di mana dirinya telah membukukan 48 gol selama berkiprah di Liga 1.

Sejak berkiprah di Liga 1 pada 2018, David da Silva mampu mempersembahkan 48 golnya sejauh ini untuk Persebaya Surabaya dan Persib Bandung.

5. Ezechiel N'Douassel (48 gol)

Ezechiel N'Douassel. (Dok. LIB)

Sama seperti David da Silva, Ezechiel N’Douassel juga telah mencetak 48 gol selama berkiprah di Liga 1 sejak datang ke Indonesia pada 2017.

Penyerang Timnas Chad itu mampu menyumbangkan 48 golnya bersama dua klub, yakni Persib Bandung dan Bhayangkara FC.

6. Samsul Arif (48 gol)

Samsul Arif menjadi satu-satunya penyerang lokal ‘murni’ yang ada di daftar ini. Dirinya sejauh ini telah mencetak 48 gol di Liga 1.

Sumbangan 48 gol itu telah diberikannya bersama sederet klub sejak 2017, yakni Persela Lamongan, Barito Putera, Persita Tangerang, Persebaya Surabaya, dan Persis Solo.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More