Jum'at, 02 Desember 2022
Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha : Jum'at, 26 Agustus 2022 | 17:28 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Ketum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, memberikan motivasi sekaligus peringatan kepada wasit dan asisten wasit yang bertugas di Liga 2 2022/2023 dan Elita Pro Academy (EPA) U-20 Liga 1 musim ini untuk memimpin dengan benar.

Iriawan menjelaskan memimpin pertandingan di Liga 2 dan EPA tidak kalah sulitnya dibanding Liga 1. Bahkan, sorotan akan lebih banyak ke Liga 2 dan EPA.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali (kanan) dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memberikan pernyataan kepada media usai menyaksikan tim nasional U-16 Indonesia merayakan gelar juara Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8/2022). Timnas U-16 Indonesia menjadi kampiun turnamen itu setelah menundukkan Vietnam di final dengan skor 1-0. ANTARA/Michael Siahaan

Oleh sebab itu, Iriawan menginginkan agar wasit beserta asistennya memimpin pertandingan dengan benar. Jika tidak, banyak pihak yang akan dirugikan termasuk wasit itu sendiri, keluarga hingga ketua umum PSSI.

Lelaki yang akrab disapa Iwan Bule itu mengaku sering menjadi sasaran netizen jika ada wasit yang bekerja tak benar. Oleh karena itu, ia ingin wasit memimpin pertandingan dengan benar.

"Anda akan ditonton jutaan manusia. Kinerja Anda dalam 2x45 menit juga akan ditonton saudara, istri, anak, orang tua, dan tetanggamu. Jadi kalau memimpin dengan tidak bagus, tidak adil, berat sebelah, nanti bukan kamu saja yang malu," kata Iriawan dilansir dari laman PSSI, Jumat (26/8/2022).

"Tetapi, Ketua Umum PSSI juga akan menjadi sasaran kritik dan cacian dari publik dan netizen. Sekali ini saya ingatkan semua wasit harus memimpin dengan baik dan benar," sambungnya.

Acara pembekalan ini sudah berlangsung sejak 23 sampai 26 Agustus 2022. Selain Iriawan, sebelumnya Exco PSSI yang membidangi wasit, Ahmad Riyadh dan Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno juga mengisi materi.

"Saya ingin kalian memiliki integritas, jujur, dan berani. Berani dalam konteks kebenaran. Musim lalu kinerja kalian ada beberapa yang disorot oleh publik. Kalau Anda memimpin dengan tidak benar, akan ketahuan karena semua laga disiarkan oleh televisi," ungkapnya.

Adapun Liga 2 2022/2023 dijadwalkan kick-off, Minggu (28/8/2022). Rencananya, pertandingan akan dibuka di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung yang mempertemukan laga Persikab Kabupaten Bandung vs PSIM Yogyakarta.

BACA SELANJUTNYA

Resmi Pindah Federasi, Jordi Amat dan Sandy Walsh Saling Lempar Kebahagiaan dengan Bahasa Indonesia