Irwan Febri Rialdi
Tim sepak bola Timnas Indonesia foto bersama saat laga persahabatan FIFA Indonesia melawan Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/6/2022). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz

Bolatimes.com - Timnas Indonesia yang berstatus sebagai finalis Piala AFF 2020 ternyata hanya mentok tergabung di pot kedua pada undian fase grup edisi 2022.

Tentu saja, banyak publik dan yang mempertanyakan keputusan AFF menempatkan timnas Indonesia pada pot kedua pada undian pembagian grup Piala AFF 2022.

Sebab, timnas Indonesia berstatus sebagai finalis pada edisi Piala AFF 2022. Pada edisi final ini, Indonesia kalah 2-6 secara agregat dari Thailand. Leg pertama berakhir 0-4, dan leg kedua imbang 2-2.

Sebagai informasi, pembagian pot undian Piala AFF 2022 ini sebelumnya sudah ditetapkan oleh AFF. Timnas Indonesia tergabung di pot kedua dari lima kategori yang tersedia.

Pada pot pertama undian grup Piala AFF 2022, dihuni oleh dua tim raksasa Asia Tenggara, Vietnam dan Thailand, sedangkan pot kedua berisi Indonesia dan Malaysia.

Pot ketiga ditempati oleh Singapura dan Filipina, lalu ada Myanmar dan Kamboja yang tergabung di pot keempat, serta pot kelima berisi Laos dan pemenang fase kualifikasi, yakni antara Timor Leste dengan Brunei Darussalam.

Alasan Indonesia Masuk Pot 2 di Undian Piala AFF 2022

Ternyata, AFF memiliki perhitungan tersendiri dalam menentukan pembagian pot undian grup yang digunakan dalam Piala AFF 2022.

Sebagai informasi, penempatan pot mengikuti pencapaian masing-masing tim pada dua edisi Piala AFF sebelumnya. Itulah alasannya, Indonesia hanya tergabung di pot kedua.

Sebab, Thailand dan Vietnam memiliki pencapaian yang lebih baik ketimbang Indonesia jika melihat prestasi yang ditorehkan kedua tim ini pada dua edisi Piala AFF sebelumnya.

Thailand, misalnya, berstatus sebagai semifinalis Piala AFF 2018 dan juga jawara Piala AFF 2020. Sementara itu, Vietnam berstatus sebagai tim yang sukses menjadi juara pada edisi 2018 dan semifinalis Piala AFF 2020.

Pencapaian ini memang terhitung lebih baik ketimbang Indonesia yang sempat menjadi finalis Piala AFF 2020. Sebab, pada Piala AFF 2018, skuad Garuda gagal lolos dari fase grup.

Perhitungan inilah yang membuat Indonesia hanya bisa tergabung di pot kedua pada undian fase penyisihan grup Piala AFF 2022.

Sementara itu, hal yang sama juga berlaku bagi Malaysia. Meskipun berstatus sebagai runner-up Piala AFF 2018, tapi pada edisi 2020 mereka gagal lolos dari fase penyisihan grup.

Jadwal Undian Grup Piala AFF 2022

Nantinya, penentuan soal skenario mana yang bakal terwujud pada Piala AFF 2022 ini akan ditentukan pada agenda pengundian fase grup yang berlangsung pada 30 Agustus 2022 di Bangkok, Thailand.

Nantinya, 10 tim akan terbagi pada Grup A dan Grup B Piala AFF 2022 yang rencananya akan bergulir mulai 22 Desember 2022 hingga 22 Januari 2023.

Sebagai informasi, gelaran Piala AFF 2022 ini akan kembali menerapkan format round robin seperti edisi-edisi sebelum pandemi Covid-19. Artinya, fase ini akan menggunakan sistem kandang-tandang.

Situasi ini tentu berbeda dengan edisi 2020 yang berlangsung secara terpusat karena merebaknya pandemi Covid-19 di Asia Tenggara.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More