Rauhanda Riyantama
Starting XI Timnas Indonesia saat menghadapi Taiwan. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia akan mengalami kenaikan peringkat yang signifikan andai bisa mengalahkan Curacao dalam FIFA Matchday pada September mendatang.

Laga FIFA Matchday ini menjadi agenda penting bagi Timnas Indonesia yang berambisi menaikkan ranking FIFA. Sebagai informasi, saat ini skuad Garuda berada di ranking 155.

Selain itu, FIFA Matchday ini bertujuan untuk menakar kekuatan Timnas Indonesia sejauh ini, usai dua tahun ditukangi oleh Shin Tae-yong.

Baca Juga:
Terungkap Durasi Kontrak Luis Milla di Persib Bandung, Tak Cuma Semusim

Adapun untuk FIFA Matchday terakhir di tahun 2022 ini, Timnas Indonesia akan melakoni laga persahabatan melawan Curacao.

Curacao sendiri merupakan tim yang berasal dari Kepulauan Karibia. Negara ini merupakan salah satu negara kecil yang hanya memiliki luas 444 km persegi.

Meski kecil, Curacao punya kiprah mentereng di sepak bola internasional. Tercatat, tim berjuluk La Familia Azul ini berada di ranking 84 atau unggul 71 posisi atas Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Asisten Shin Tae-yong Sebut Timnas U-19 Tak Pakai Pemain Naturalisasi

Untuk FIFA Matchday pada September 2022 nanti, Timnas Indonesia akan bertanding melawan Curacao sebanyak dua kali.

Jika Timnas Indonesia mampu meraih kemenangan atas Curacao dalam dua pertemuan itu, maka ranking skuad Garuda pun akan meroket jauh.

Bagaimana perhitungannya?

Baca Juga:
Profil Muhammad Akrom, Pemain Persikab Bandung yang Dipanggil Timnas Indonesia U-19

Melesat ke Ranking 150

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Curacao sebanyak dua kali, yakni pada tanggal 24 September dan 27 September 2022.

Dua pertemuan ini pun akan digelar di venue berbeda. Untuk pertemuan pertama akan digelar pada 24 September 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung.

Baca Juga:
3 Wasit Berlisensi FIFA yang Dihukum PSSI, 8 Pekan Dibebastugaskan di Liga 1 2022

Sedangkan untuk pertemuan kedua yakni pada tanggal 27 September 2022, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Curacao di Jakarta International Stadium (JIS).

Mengingat perbedaan ranking yang sangat jauh antara Timnas Indonesia dan Curacao yang mencapai 71 posisi, maka kemenangan akan membuat skuad Garuda mendulang poin yang mumpuni.

Dalam laga FIFA Matchday, tim yang menang akan mendapat 17 poin. Andai Timnas Indonesia menang dua kali atas Curacao, maka skuad Garuda akan mendapat 34 poin.

Saat ini, Timnas Indonesia berada di peringkat ke-155 dunia dengan 1019 poin. Andai menang atas Curacao sebanyak dua kali, maka poin tim Merah Putih akan menjadi 1053 poin.

Dengan 1053 poin tersebut, Timnas Indonesia pun akan melesat ke peringkat 150 dunia, menggusur Liberia yang memiliki 1051 poin.

Namun untuk menang dua kali atas Curacao tentu tak akan mudah bagi Timnas Indonesia. Sebab, La Familia Azul punya pemain-pemain internasional yang punya jam terbang mumpuni.

Tercatat para penggawa Curacao banyak beredar di liga-liga top Eropa. Bahkan sebagian di antaranya pernah mentas di 5 liga top Eropa.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More