Husna Rahmayunita
Skuad Persebaya Surabaya. (dok.Persebaya)

Bolatimes.com - Persebaya Surabaya cukup banyak melakukan perombakan pada komposisi skuadnya untuk mengarungi Liga 1 2022/23.

Salah satu perubahan paling terasa di kubu Bajul Ijo adalah perginya dua gelandang vital mereka musim lalu, Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto, ke Persib Bandung.

Tak hanya itu, Persebaya juga gagal mempertahankan pemain asing Asia mereka, Taisei Marukawa, yang memilih hengkang ke PSIS Semarang.

Meski begitu, Persebaya tak mau larut dalam keadaan. Mereka merekrut sejumlah pemain baru dan mengorbitkan pemain-pemain mudah untuk bertarung di musim ini.

Ada 10 pemain yang memutuskan untuk tetap bertahan di Persebaya dari skuad musim lalu Marselino Ferdinan, Andhika Ramadhani, Ernando Ari Sutaryadi, Satria Tama, I Gede Dida, Rizky Ridho, Muhammad Supriadi, Koko Ari Araya, Alwi Slamat, dan Muhammad Hidayat

Persebaya Surabaya juga mengorbitkan 4 pemain dari Elite Pro Academy yaitu Deni Agus, Arif Catur, Risky Dwiyan, Akbar Firmansyah, dan Widi Syarief.

Ada juga sejumlah pemain baru yang didatangkan manajemen Persebaya diantaranya yakni Brylian Aldama, Andre Oktaviansyah, Mochamad Zaenuri, Januar Eka, Salman Alfarid, dan Dandi Maulana.

Untuk musim depan, Persebaya juga memiliki tiga pemain asing baru yang belum pernah berkarier di Indonesia kecuali Leo Lelis. Tiga pemain asing lainnya yakni Higor Vidal, Sho Yamamoto, dan Silvio Junior.

Dengan begini, mayoritas skuad Persebaya dihuni oleh banyak pemain muda. Meski demikian, Persebaya berpotensi menjadi tim yang memberi kejutan.

Hal ini tidak terlepas dari kiprah Persebaya di Liga 1 musim lalu. Di awal musim penampilan mereka kurang menjanjikan, Persebaya mampu bangkit bahkan sempat masuk bursa perburuan gelar juara.

Penampilan apik ini tidak terlepas dari racikan Aji Santoso yang mampu membuat skuad muda Persebaya tampil konsisten sepanjang musim.

Aji Santoso pada akhirnya diganjar penghargaan sebagai Pelatih Terbaik Liga 1 2021/22 usai mengantarkan Persebaya finis di peringkat kelima klasemen akhir.

Berikut profil Persebaya Surabaya di Liga 1 2022/23:

Nama Klub: Persebaya Surabaya

Julukan: Bajul Ijo, Green Force

Berdiri: 18 Juni 1927

Stadion: Gelora Bung Tomo

Prestasi: Posisi 5 Liga 1 2021/22

Pelatih: Aji Santoso

Skuad:

Kiper

- Ernando Ari

- Andhika Rama

- Gede Dida

- Satria Tama

Belakang

- Mochammad Zaenuri

- Leo Lelis (Brasil)

- Dandi Maulana

- Rizky Ridho

- Salman Alfarid

- Riswan Lauhim

- Alta Ballah

- Koko Ari

- Arizky Wahyu

- Arief Catur P

Tengah

- Alwi Slamat

- Marselino Ferdinan

- Hugo Vidal (Brasil)

- Brylian Aldama

- Michael Rumere

- Andre Oktaviansyah

- Dicky Kurniawan

- Rizky Dwiyan

- Fernando Pamungkas

- Denny Agus

- Muhammad Hidayat

- Wahyudi

Depan

- Supriadi

- Sho Yamamoto (Jepang)

- Julian Mancini

- Ruy Aryanto

- Januar Eka

- Saiful

- Silvio Junior (Brasil)

- Bramdani

- Ahmad Nufiandani

- Widi Syarief

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More