Irwan Febri Rialdi
Pemain Timnas Indonesia U-19 berpose sebelum berlaga melawan Filipina U-19 dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (8/7/2022). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww)

Bolatimes.com - Secara hitung-hitungan, timnas Indonesia U-19 berpeluang untuk menghadapi salah satu rival abadinya, Malaysia, pada babak semifinal Piala AFF U-19 2022.

Peluang ini semakin terbuka lantaran timnas Malaysia U-19 sudah berhasil memastikan satu tiket untuk menembus fase semifinal Piala Presiden 2022.

Timnas Malaysia U-19 yang tergabung di Grup B berhasil mengumpulkan tujuh poin dari tiga pertandingan. Meski masih menyisakan satu laga, perolehan poin ini sudah dipastikan tak terkejar.

Meskipun demikian, timnas Malaysia U-19 masih harus melalui laga penentuan juara Grup B saat berjumpa Laos pada pertandingan terakhir.

Menurut jadwal, duel antara Malaysia versus Laos itu akan terselenggara di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (11/6/2022). Pemenang laga ini akan menjadi juara Grup B Piala AFF U-19 2022.

Setidaknya, ada dua skema yang bisa mempertemukan antara timnas Indonesia U-19 dengan Malaysia di fase semifinal Piala AFF U-19 2022.

Skema pertama ialah timnas Malaysia U-19 lolos dari fase penyisihan Grup B dengan status sebagai juara grup. Syaratnya, mereka mesti menang pada laga terakhir melawan Laos.

Dengan demikian, Malaysia akan menutup persaingan Grup B dengan koleksi 10 poin. Lalu, timnas Indonesia U-19 harus keluar dari fase penyisihan Grup A sebagai runner-up.

Anak asuh Shin Tae-yong tentu harus memenangkan laga terakhir melawan Myanmar, dan berharap duel antara Thailand melawan Vietnam menghasilkan pemenang.

Nantinya, pemenang laga antara Thailand dan Vietnam akan keluar sebagai juara klasemen akhir Grup A, sedangkan Indonesia menemaninya sebagai runner-up.

Skema kedua untuk membuat Malaysia dan Indonesia berhadap-hadapan di fase semifinal Piala AFF U-19 2022 ialah dengan keluarnya Malaysia sebagai runner-up Grup B.

Hal ini bisa terjadi andai pada laga terakhir nanti skuad muda Harimau Malaya bermain imbang atau kalah dari Laos. Sehingga, mereka akan lolos sebagai runner-up Grup B.

Di sisi lain, timnas Indonesia U-19 harus merebut tiket ke semifinal dengan status sebagai juara Grup A. Secara hitung-hitungan, situasi ini masih bisa terjadi.

Syaratnya, timnas Indonesia U-19 meraih kemenangan atas Myanmar, sedangkan duel antara Thailand melawan Vietnam berakhir imbang tanpa gol.

Jika skenario ini terjadi, maka timnas Indonesia U-19 akan mengumpulkan 11 poin, tetapi unggul selisih gol atas Vietnam dan Thailand yang berada di bawahnya.

Apabila salah satu dari kedua skenario ini terwujud, maka timnas Indonesia U-19 akan berjumpa Malaysia di partai semifinal Piala AFF U-19 2022.

Menurut jadwal, pertandingan fase semifinal itu akan berlangsung pada 13 Juli 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pukul 15.30 dan 20.00 WIB.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More